Customer Loyalty Mar 23, 2020

Cara Ampuh Menarik Para Konsumen untuk Datang Kembali Setelah Kunjungan Pertama!

Tidak bisa dipungkiri kalau perilaku dari konsumen sulit untuk diterka, kamu sebagai pelaku bisnis seperti pemilik kafe atau kedai tentunya harus benar-benar tahu bagaimana cara untuk selalu membuat konsumen kembali lagi ke tempat kamu. Memang ini merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, namun bukan berarti tidak mungkin. 70% dari konsumen kamu akan datang sekali dan kemungkinan besar tidak akan kembali lagi.

Cara Ampuh Menarik Para Konsumen untuk Datang Kembali Setelah Kunjungan Pertama!

Memiliki konsumen yang loyal tentunya merupakan dambaan bagi para pelaku bisnis, namun pertanyaannya ialah bagaimana cara paling tepat atau jitu untuk bisa mendapatkan hal tersebut. Bahkan Harvard Business Review mengatakan kalau kamu mampu meningkatkan customer retention sekitar 5%, maka profits pun juga ikut naik sekitar 25% hingga 95%.

Oleh sebab itu, membuat konsumen untuk bisa kembali lagi ke tempat bisnis kamu merupakan hal sangat penting, apalagi kalau bisa mereka menjadi konsumen loyal yang selalu “jajan”. Nah, daripada kamu bingung bagaimana cara untuk mewujudkannya, langsung saja simak beberapa tipsnya di bawah ini. Memang melakukannya tidak semudah mengatakannya.

 

Layanan WiFi dan Point of Sale (POS)

 

Cara Ampuh Menarik Para Konsumen untuk Datang Kembali Setelah Kunjungan Pertama! Credit: myrepublic.net

 

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk terus membuat para konsumen kamu kembali lagi bahkan menjadi konsumen loyal. Namun dua cara ini merupakan hal yang paling mudah dilakukan. Mengambil contoh dari bisnis Ecommerce, di mana bisa menggunakan the pixel dan cookie untuk mengetahui segala aktivitas dari para konsumen di website.

Namun sayangnya di dunia nyata, tidak ada the pixel dan cookie, hal ini tentu bisa menjadi tantangan tersendiri. Coba deh kamu gunakan cara point of sale atau yang biasa disingkat POS. Dengan menggunakan progam ini, kamu bisa mendapatkan database dari para konsumen dengan mudah.

Dari program ini kamu bisa mengetahui berapa pengeluaran dari para konsumen, sehingga kamu bisa membuat keputusan bagaimana mengeluarkan dana untuk iklan serta program-program lainnya yang bersangkutan akan menarik perhatian dari para konsumen lebih banyak.

Layanan WiFi secara gratis juga bisa menjadi cara untuk membuat konsumen kamu kembali lagi ke tempat bisnis kamu. Tentunya dengan kualitas baik yaa. Ternyata tak hanya sebatas itu saja, dengan menggunakan WiFi, kamu juga bisa mengetahui data konsumen serta track para konsumen ketika mengunjungi tempat bisnis kamu.

Bagaimana caranya? Agar mendapatkan akses WiFi gratis, maka para konsumen haru memasukkan data mereka seperti e-mail. Ketika konsumen tersebut kembali, maka akan semakin mudah untuk didata. Percayalah dengan menggunakan POS serta WiFi, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan kontak konsumen serta data mereka. Di situlah cara untuk membuat para konsumen kembali, dengan mengirim pesan atau iklan seputar tempat bisnis kamu.

 

Tawaran Menarik Melalui Email

Cara Ampuh Menarik Para Konsumen untuk Datang Kembali Setelah Kunjungan Pertama! Credit: /beeketing.com

 

Setelah sudah mendapatkan database dari para konsumen, tentunya ini merupakan momen paling tepat untuk memberikan segala informasi dan program seputar tempat bisnis kamu. Informasinya pun bisa beragam, mulai dari promo hingga tawaran menarik lainnya.

Kamu juga bisa memberikan semacam reminder kepada para konsumen yang sudah pernah datang ke tempat bisnis. Ambil contoh saja, ketika konsumen sudah tidak datang selama 80 hingga 90 hari, sudah saatnya kamu memberikan penawaran. Pokoknya sebisa mungkin buat konsumen selalu nyaman serta ingin kembali datang.

Promo diskon pun bisa menjadi salah satu cara paling efektif, coba deh untuk tawarkan diskon sebesar 33% dari setiap pembelanjaan dari konsumen yang sudah datang satu kalu. Lalu berikan penawaran kedua kalinya dengan diskon yang lebih besar, sekitar 50% pada kedatangan berikutnya. Namun jangan berikan tawaran lebih lagi bilamana sudah menggunakan 2 tahap diskon tersebut yaa.

 

**

 

Memenangkan para konsumen untuk kembali lagi setelah kunjungan pertama tentunya merupakan hal penting dari setiap strategi bisnis. Jangan lupa juga untuk selalu mencari ide terbaik yang bisa menarik perhatian para konsumen. Kemudian ada tiga faktor penting yang harus selalu kamu fokuskan ialah data konsumen, penawaran, serta pelayanan terbaik.

Jadi bagaimana pendapat kamu seputar informasi cara untuk memenangkan konsumen ketika sudah melakukan kunjungan pertama? Semoga bisa menjadi tips yang berguna dan bermanfaat! Kalau kamu ingin mencari platform internet cepat dan terpercaya, Retinad bisa menjadi pilihan tepat untuk tempat bisnis kamu loh!

 

Source: zenreach.com

 

 

Featured Image: creativeboom.com

 


Categories

RELATED ARTICLES

Customer Loyalty Mar 19, 2020

Ketahuilah Perbedaan antara Customer Retention dan Customer Loyalty!


Selaku pelaku bisnis, tentunya memahami konsumen dengan baik merupakan sebuah...

Customer Loyalty Feb 07, 2022

Agar dapat Berkembang, Ini Cara Efektif Membangun Kepuasan Pelaggan


Jakarta, Retinad.com – Bagi pebisnis, kepuasan pelanggan adalah hal yang...

Customer Loyalty Feb 14, 2022

5 Cara Tepat Berikan Layanan Terbaik pada Komplain Konsumen


Jakarta, Retinad.com – Sebagai pelaku usaha, tentunya kamu harus membuka...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.