Lifestyle Mar 30, 2020

Langkah Tepat agar Kamu Terjauh dari Berita Hoax di Dunia Maya Selama Pandemi COVID-19!

Banyak berita hoax yang perlu kamu perhatikan selama pandemi COVID-19 ini. Simak saja tips di bawah ini agar kamu tidak mudah terjerumus yaa!

Langkah Tepat agar Kamu Terjauh dari Berita Hoax di Dunia Maya Selama Pandemi COVID-19!

Mendapatkan informasi di era digital seperti hari ini memang merupakan hal mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Karena kemudahan tersebut, kamu harus berhati-hati dalam memilihnya serta melakukan validasi apakah informasinya benar atau hoax. Yaap, kata hoax sendiri memang sudah tidak asing lagi di kuping banyak orang.

Apalagi dengan merebaknya pandemi virus COVID-19 atau yang sering juga disebut corona, banyak informasi yang membahas seputar virus tersebut, baik itu bagaimana cara menghindarinya, mengetahui gejalanya dan lain-lain. Karena semakin banyaknya informasi, maka kamu harus hati-hati memilihnya, jangan langsung mempercayainya yaa.

Namun bagaimana sih cara paling tepat untuk membedakan mana berita hoax serta yang benar? Untuk itu, langsung saja simak beberapa tips di bawah ini agar kamu tidak mudah tertipu dan tentunya tidak mudah panik akan kejadian yang melanda dunia ini. Semoga bisa bermanfaat!

 

Ketahuilah Secara Detail Mengenai Virus COVID-19

Langkah Tepat agar Kamu Terjauh dari Berita Hoax di Dunia Maya Selama Pandemi COVID-19! Credit: abc30.com


Banyak teori yang sudah beredar di dunia maya mengenai virus ini, bagaimana penyebarannya hingga pertama kali ditemukan kasusnya. Nah, sebagai pembaca yang baik, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu nih, asal muasal virus ini yaa.

Virus yang pertama kali ditemukana pada bulan Desember 2019 ini memang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Karena jangka waktu yang terbilang sebentar ini, maka waktu untuk investigasi bagaimana cara menghentikannya hingga detik ini sangat sempit.

Perlu untuk diketahui juga, diperlukannya waktu yang tidak menentu untuk bisa menemukan solusi dari virus ini. Sebagai pemberitaan yang benar, tentunya akan ditambahkan pernyataan darimana informasi tersebut didapatkan.

 

Dari Mana Datangnya Informasi

Langkah Tepat agar Kamu Terjauh dari Berita Hoax di Dunia Maya Selama Pandemi COVID-19! Credit: bth.se/


Tidak bisa dipungkiri juga kalau kamu akan sering mendapatkan banyak informasi baik itu dikirim maupun kamu mencarinya sendiri di saat-saat seperti ini. Dengan begitu, berita hoax pun terkadang bisa ada, tinggal bagaimana kamu mensiasatinya agar tidak mudah terjerumus.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kamu mengetahui secara pasti dari mana datangnya informasi yang akan dibaca. Mulai dari sumbernya, apakah benar-benar terpercaya. Atau juga bisa melihat kanal-kanal berita lainnya apakah ada yang membahas topik yang sama.

Apalagi kalau kamu mendapatkan pesan berantai di aplikasi sosial, jangan langsung mempercayainya. Karena bisa saja ada oknum yang membuat berita tersebut tanpa adanya tanggung jawab. Tentunya di saat seperti ini, banyak sekali pesan-pesan yang kamu terima seputar pandemi ini bukan?

 

Apakah Ada Daya yang Memperkuat Pernyataan?

Langkah Tepat agar Kamu Terjauh dari Berita Hoax di Dunia Maya Selama Pandemi COVID-19! Credit: elearningindustry.com
 

Validasi menjadi senjata utama untuk kamu agar tetap mendapatkan sumber berita yang benar. Oleh sebab itu, jangan mudah percaya dan teruslah lakukan riset kecil mengenai informasi yang akan kamu terima loh.

Percaya atau tidak, ternyata juga ada pesan atau informasi yang mengatas namakan baik itu institusi ataupun dokter loh. Paling benar ialah melihat berita dari situs yang berwajib, seperti pemerintah ataupun WHO. Karena pastinya setiap pernyataan dari situs tersebut sangat diperkuat serta bertanggung jawab.

 

**

 

Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kehidupan kita akan kembali normal seperti biasanya. Berbicara mengenai informasi di dunia maya, tentunya kamu perlu platform WiFi yang cepat dan stabil dong? Oleh sebab itu, gunakan Retinad agar kamu bisa selalu nyaman dalam mengeksplorasi ragam informasi! Semangat selalu dan jangan putus asa yaa!

 

Source: weforum.org

 

 

Featured Image: entrepreneur.com

Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Oct 14, 2022

5 Destinasi Wisata di Kota Tua Jakarta yang Anti Mainstream


Jakarta, Retinad.com – Kawasan Kota Tua Jakarta merupakan salah satu...

Lifestyle Apr 10, 2020

Ingin Tetap Produktif Ketika WFH? Simaklah 4 Tips yang Ampuh Ini!


WFH atau Work From Home memang menjadi kebiasaan baru di...

Lifestyle Mar 19, 2022

Merasa Kurang Produktif? 5 Film Motivasi ini Mampu Membangkitkan Semangatmu!


Jakarta, Retinad.com – Kehidupan semasa pandemi banyak membuat orang merasa...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.