Digital Marketing Mar 23, 2020

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik!

Perkembangan teknologi telah memotivasi banyak orang untuk menekuni digital marketing. Sayangnya, masih banyak pihak yang belum mengertik cara melakukannya dengan benar. Sebagian orang masih sering melakukan kesalahan saat berinteraksi dengan calon customer di dunia digital melalui website atau media sosial.

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik!

Kesalahan apa yang sering dilakukan pebisnis dalam dunia digital marketing? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya!

 

1. Tidak menetapkan Tujuan dan Target yang Jelas

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik! Photo Credit: gannett-cdn.com

Saat menyusun rencana digital marketing, kamu perlu menentukan audiens serta target yang ingin dikejar. Hal ini akan memudahkan proses pembuatan konten lantaran kamu sudah mengetahui siapa orang yang diincar. Kamu pun bisa mengeluarkan ide-ide unik dan menarik secara lebih mudah.

Pebisnis hendaknya melakukan riset lebih dalam terhadap hal-hal yang disuka dan dibutuhkan audiens. Saat ini, kamu bisa mengumpulkan data melalui banyak cara. Salah satu contohnya adalah menggunakan Google Form.

Terdapat beberapa hal yang perlu diingat pebisnis saat menetapkan tujuan dan target pasar. Kamu disarankan mencari tahu informasi seputar geografi target. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu demografi calon customer mulai dari usia, jenis kelamin, serta penghasilan mereka. Semua hal ini tentu akan membantu kamu dalam menentukan strategi terbaik.

 

2. Menggunakan Media Sosial secara Asal dan Sembarangan

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik! Photo Credit: cdn.com

Performa bisnis kamu juga dapat dipengaruhi pemanfaatan media sosial. Pebisnis perlu mengingat bahwa media sosial merupakan sarana interaksi audiens calon pengguna produk. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengoptimalkan berbagai cara untuk meningkatkan proses interaksi media sosial produk kamu.   

Pebisnis perlu merancang konten untuk media sosial sebaik mungkin. Pastikan juga setiap postingan memiliki tujuan jelas agar semua orang makin mengenal produk kamu. Sebagai contoh, kamu berniat mengeluarkan postingan di Instagram. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah materi konten, penataan feed, serta jadwal posting.

 

3. Penggunaan Blog yang Kurang Optimal serta Tidak Memperbarui SEO

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik! Photo Credit: welcometothejungle.co

Pebisnis baiknya juga cerdik dalam menggunakan website. Jangan hanya menjadikan hosting dan domain sebagai wadah menyimpan data-data website dan tools plugin saja. Kamu juga disarankan memakainya untuk mengisi konten blog secara berkala.

Bila ingin mendapat hasil lebih maksimal, pebisnis hendaknya mempelajari cara membuat blog toko online. Terapkan ilmu tersebut dalam website kamu agar pengunjungnya dapat terus bertambah setiap waktu. Di samping itu, urusan Search Engine Optimization atau SEO juga tak boleh disepelakan.

Ingatlah bahwa algoritma mesin pencari seperti Google akan selalu berubah-ubah setiap waktu. Oleh sebab itu, kamu perlu mengganti strategi SEO secara rutin agar traffic website terus meningkat. Gunakan strategi SEO terkini supaya nama website kamu muncul dalam daftar pencarian teratas.

 

4. Minimnya Kejelasan Dokumentasi Strategi

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik! Photo Credit: windowsreport.com

Salah satu hal yang boleh dilupakan pebisnis dalam urusan digital marketing adalah evaluasi dan penentuan. Setiap target pasar dalam suatu bisnis diketahui punya karakteristik kebutuhan dan konsumsi yang berbeda. Inilah alasan mengapa pebisnis perlu membuat dokumentasi strategi digital marketing.

Fungsi dari pendokumentasian ini adalah mengevaluasi strategi yang sudah dilakukan secara udah. Kamu jadi bisa mengetahui hal-hal apa saja yang belum tercapai. Jangan ragu untuk berpindah ke strategi baru bila strategi lama memang tidak efektif menaikkan pemasukan. Meski begitu, kamu tetap perlu mendokumentasikan tingkat efektivitas strategi lama agar dapat dibandingkan dengan strategi lain.

 

5. Tidak Menggunakan Story Telling saat Berjualan

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik! Photo Credit: dice.com

Kesuksesan penjualan bisnis kamu juga dipengaruhi oleh cerita yang disampaikan. Oleh sebab itu, pebisnis perlu merancang konten digital marketing yang unik. Cobalah berjualan dengan menyampaikan cerita menarik agar calon customer semakin tertarik.

Kamu bisa membuat cerita seputar studi kasus tertentu dengan melibatkan orang lain yang tidak memakai produk kamu. Di akhir cerita, pastikan orang tersebut merasa terbantu usai menggunakan produk kamu. Harap berhati-hati saat memilih kata ya!

Demikian 5 kesalahan umum yang sering dibuat pebisnis saat melakukan digital marketing. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang baru menggeluti dunia digital marketing. Jangan lupa belajar dari kesalahan-kesahan di atas ya!

 

Source: bisnisukm.com

Feature Image - digitaltrends.com


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Apr 02, 2020

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020


Setiap marketer perlu mengikuti perkembangan dunia digital setiap harinya agar...

Digital Marketing Oct 26, 2021

Ingin Meningkatkan Peringkat Website di Google? Simak 5 Cara Ini!


Jakarta, Retinad.com – SEO atau search engine optimization saat ini...

Digital Marketing Oct 06, 2021

Marketing 101 ala Coca Cola: Memperkenalkan Platform baru Real Magic


Jakarta, Retinad.com – Setiap bisnis pasti berusaha untuk melakukan cara...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.