Digital Marketing Apr 17, 2020

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif

Untuk meningkatkan perfoma bisnis, kamu bisa menerapkan strategi digital marketing yang efektif lewat video. Mengapa demikian? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya!

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif

Penggunaan video sebagai alat marketing memang sudah ada sejak lama. Media ini telah sering dipercaya banyak brand besar untuk keperluan promosi. Akan tetapi, evolusi dalam dunia digital marketing telah memberi kesempatan bagi pebisnis untuk mengeksplorasi fungsi baru medium ini.

Apa sajakah itu? Berikut adalah 4 alasan mengapa video bisa menjadi strategi digital marketing yang efektif. Silakan dibaca ya!

 

1. Menaikkan Peringkat Pencarian Situs Kamu

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: wpwebsitehelp.com

Perlu kamu ketahui, algoritma Google menyukai situs yang kaya akan konten. Mereka cenderung memilih situs yang mengandung campuran teks, foto, dan video. Oleh sebab itu, pebisnis baiknya menambahkan video ke dalam konten supaya situsnya mendapat posisi lebih baik di halaman hasil mesin pencarian (SERP).

Semakin banyak orang yang membagikan video kamu, maka jumlah backlink yang didapat juga akan bertambah. Backlink relevan merupakan salah satu sinyal peringkat SEO terpenting. Situs kamu pun berkesempatan mendapat peringkat lebih baik.

Di samping itu, kehadiran video dalam konten akan membuat orang semakin betah di dalam situs kamu. Dwell time tentu bakal meningkat ketika pengunjung situs menonton video dalam konten. Hal ini berpotensi memengaruhi peringkat SERP kamu secara cepat. Jangan lupa juga untuk memerhatikan aspek SEO dalam video tersebut, misalnya dengan mengoptimalkan meta tags dan transkrip.

 

2.  Meningkatkan Keterlibatan Media Sosial Kamu

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: socialmediaweek.org

Tahukah kamu bahwa video mampu menjangkau audiens secara luas? Keberadaan video bahkan mampu menghasilkan angka berbagi yang tinggi di media sosial, lho. Semua itu bisa terjadi dengan syarat proses eksekusi berjalan baik.

Hampir semua pebisnis ingin video buatan mereka viral di kalangan masyarakat. Akan tetapi, ingatlah bahwa tujuan terpenting dari membuat video adalah membuat target audiens terlibat dengan kamu. Pebisnis perlu menciptakan video yang terlihat menarik untuk pasarnya sendiri, terlepas dari kemungkinan apakah video tersebut akan viral atau tidak.

Cobalah untuk memikirkan cara-cara kreatif yang mampu menarik minat audiens kamu. Sebagai langkah awal, pebisnis bisa mulai menganalisis data personal dari customer yang ada saat ini untuk menentukan target pasar. Gunakan analytics tool, lalu mulailah mengevaluasi target pasar dari competitor kamu. Kamu juga bisa menguji beberapa tipe iklan sebelum menerbitkan video apapun.

 

3. Memperkaya Kampanye Pay Per Click (PPC)

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: marketingdonut.co.uk

Kamu bisa menjadikan video sebagai konten Iklan yang menarik untuk kampanye pay-per-click. Video-video ini nantinya muncul di YouTube, Display Network, dan lain-lain. Pebisnis juga bisa menjangkau jumlah audiens lebih besar ketika menaruh iklan video di situs mitra.

Google kini memiliki lebih banyak format iklan video, misalnya seperti iklan in-stream yang tidak bisa disela dan iklan bumper. Kamu juga bisa memposting iklan video di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Semua pilihan kembali pada keputusan kamu.

Ada satu elemen yang wajib dicermati pebisnis terkait iklan video PPC, yakni penargetan. Tentukan platform atau situs yang benar-benar cocok dengan target pasar kamu. Pertimbangkan juga hal-hal lain yang menyangkut bisnis dan tujuan pencarian pengguna.

 

4. Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Kamu

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: dealer.com

Salah satu media terbaik untuk menyuguhkan informasi yang kompleks dan tidak familiar ke pengunjung situs adalah video. Pebisnis bisa mempertimbangkan untuk membuat video tutorial. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan cara penggunaan produk yang benar kepada customer.

Buatlah video dengan durasi pendek agar mudah dimengerti seluruh pengunjung situs. Pebisnis juga perlu memastikan video tersebut dimuat dengan cepat untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Oke?

Demikian 4 alasan mengapa pebisnis perlu memasukkan video dalam strategi digital marketing yang efektif. Semoga informasi di atas memperkaya wawasan kamu seputar digital marketing ya. Jika kamu mencari platform Wifi untuk keperluan bisnis, langsung saja berlangganan Retinad yang menawarkan koneksi cepat dan sinyal stabil.

Source: forbes.com

Feature Image - smallbusinessbonfire.com


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Oct 13, 2021

5 Cara Bikin Headline Menarik dengan Copywriting Ajaib


Jakarta, Retinad.com – Untuk membuat sebuah konten terlihat menarik, tentunya...

Digital Marketing Jan 19, 2022

Boost Marketingmu dengan Menggunakan Tren Warna di Tahun 2022


Jakarta, Retinad.com – Para pelaku bisnis setiap tahunnya ingin meningkatkan...

Digital Marketing Nov 22, 2022

Lakukan 5 Hal ini untuk Mengindari Kesalahan Telemarketing


Jakarta, Retinad.com – Marketing dalam era digital menuntutmu menjadi bisnis...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.