Digital Marketing Apr 17, 2020

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif

Untuk meningkatkan perfoma bisnis, kamu bisa menerapkan strategi digital marketing yang efektif lewat video. Mengapa demikian? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya!

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif

Penggunaan video sebagai alat marketing memang sudah ada sejak lama. Media ini telah sering dipercaya banyak brand besar untuk keperluan promosi. Akan tetapi, evolusi dalam dunia digital marketing telah memberi kesempatan bagi pebisnis untuk mengeksplorasi fungsi baru medium ini.

Apa sajakah itu? Berikut adalah 4 alasan mengapa video bisa menjadi strategi digital marketing yang efektif. Silakan dibaca ya!

 

1. Menaikkan Peringkat Pencarian Situs Kamu

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: wpwebsitehelp.com

Perlu kamu ketahui, algoritma Google menyukai situs yang kaya akan konten. Mereka cenderung memilih situs yang mengandung campuran teks, foto, dan video. Oleh sebab itu, pebisnis baiknya menambahkan video ke dalam konten supaya situsnya mendapat posisi lebih baik di halaman hasil mesin pencarian (SERP).

Semakin banyak orang yang membagikan video kamu, maka jumlah backlink yang didapat juga akan bertambah. Backlink relevan merupakan salah satu sinyal peringkat SEO terpenting. Situs kamu pun berkesempatan mendapat peringkat lebih baik.

Di samping itu, kehadiran video dalam konten akan membuat orang semakin betah di dalam situs kamu. Dwell time tentu bakal meningkat ketika pengunjung situs menonton video dalam konten. Hal ini berpotensi memengaruhi peringkat SERP kamu secara cepat. Jangan lupa juga untuk memerhatikan aspek SEO dalam video tersebut, misalnya dengan mengoptimalkan meta tags dan transkrip.

 

2.  Meningkatkan Keterlibatan Media Sosial Kamu

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: socialmediaweek.org

Tahukah kamu bahwa video mampu menjangkau audiens secara luas? Keberadaan video bahkan mampu menghasilkan angka berbagi yang tinggi di media sosial, lho. Semua itu bisa terjadi dengan syarat proses eksekusi berjalan baik.

Hampir semua pebisnis ingin video buatan mereka viral di kalangan masyarakat. Akan tetapi, ingatlah bahwa tujuan terpenting dari membuat video adalah membuat target audiens terlibat dengan kamu. Pebisnis perlu menciptakan video yang terlihat menarik untuk pasarnya sendiri, terlepas dari kemungkinan apakah video tersebut akan viral atau tidak.

Cobalah untuk memikirkan cara-cara kreatif yang mampu menarik minat audiens kamu. Sebagai langkah awal, pebisnis bisa mulai menganalisis data personal dari customer yang ada saat ini untuk menentukan target pasar. Gunakan analytics tool, lalu mulailah mengevaluasi target pasar dari competitor kamu. Kamu juga bisa menguji beberapa tipe iklan sebelum menerbitkan video apapun.

 

3. Memperkaya Kampanye Pay Per Click (PPC)

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: marketingdonut.co.uk

Kamu bisa menjadikan video sebagai konten Iklan yang menarik untuk kampanye pay-per-click. Video-video ini nantinya muncul di YouTube, Display Network, dan lain-lain. Pebisnis juga bisa menjangkau jumlah audiens lebih besar ketika menaruh iklan video di situs mitra.

Google kini memiliki lebih banyak format iklan video, misalnya seperti iklan in-stream yang tidak bisa disela dan iklan bumper. Kamu juga bisa memposting iklan video di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Semua pilihan kembali pada keputusan kamu.

Ada satu elemen yang wajib dicermati pebisnis terkait iklan video PPC, yakni penargetan. Tentukan platform atau situs yang benar-benar cocok dengan target pasar kamu. Pertimbangkan juga hal-hal lain yang menyangkut bisnis dan tujuan pencarian pengguna.

 

4. Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Kamu

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif. Photo Credit: dealer.com

Salah satu media terbaik untuk menyuguhkan informasi yang kompleks dan tidak familiar ke pengunjung situs adalah video. Pebisnis bisa mempertimbangkan untuk membuat video tutorial. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan cara penggunaan produk yang benar kepada customer.

Buatlah video dengan durasi pendek agar mudah dimengerti seluruh pengunjung situs. Pebisnis juga perlu memastikan video tersebut dimuat dengan cepat untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Oke?

Demikian 4 alasan mengapa pebisnis perlu memasukkan video dalam strategi digital marketing yang efektif. Semoga informasi di atas memperkaya wawasan kamu seputar digital marketing ya. Jika kamu mencari platform Wifi untuk keperluan bisnis, langsung saja berlangganan Retinad yang menawarkan koneksi cepat dan sinyal stabil.

Source: forbes.com

Feature Image - smallbusinessbonfire.com


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 26, 2020

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram


Bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis via instagram? Hal-hal apa saja yang...

Digital Marketing Apr 06, 2020

Tips Marketing agar Usaha Kamu Tetap Berjalan Walau Dilanda Pandemi!


Tak usah murung, selalu positif! Tips marketing ini bisa menjadi...

Digital Marketing Apr 08, 2020

5 Tips Jepret Foto Produk untuk Naikkan Penjualan di Toko Online


Penjual hendaknya memasang foto produk yang menarik di toko online untuk...

LATEST ARTICLES

Technology May 06, 2020

6 Kemungkinan Bisa Terjadi Setelah Kebocoran Data E-Commerce Besar


Kebocoran data dan tersebar luasnya data tersebut yang terjadi di...

Lifestyle May 05, 2020

3 Hal di Kantor Ini Bisa Berubah Drastis Setelah Pandemi Covid-19 Selesai


3 perubahan ini bisa saja terjadi di kantor Anda setelah...

Technology May 04, 2020

Whatsapp Punya Situs Informasi Covid-19 Untuk Cegah Penyebaran Hoaks


Terkait dengan pandemi virus corona sekarang ini, Whatsapp meluncurkan pusat...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.