Customer Loyalty Apr 01, 2020

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer ke Brand Kamu

Salah satu tantangan yang dihadapi pebisnis baru adalah meraih loyalitas customer. Bagaimana cara efektif mendapat kepercayaan customer ke brand? Silakan cek jawabannya di bawah ya!

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer ke Brand Kamu

Meyakinkan orang untuk membeli produk kamu bukan perkara mudah, terlebih jika kamu belum memiliki brand yang kuat. Hal-hal apa yang harus dilakukan untuk mendapat kepercayaan customer? Berikut adalah 5 cara membangun kepercayaan customer ke brand kamu. Silakan disimak!

 

1. Menawarkan Sesuatu secara Gratis

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer. Photo Credit: impactbnd.com

Salah satu cara untuk memengaruhi customer agar menjadi loyal adalah memberikan sesuatu secara gratis. Strategi ini efektif membuat mereka tertarik terhadap produk kamu hingga akhirnya bersedia menjadi customer yang membayar. Oke?

Kamu bisa menggunakan daya tarik website kamu untuk mendapat subscriber. Caranya adalah dengan memberikan hal bernilai kepada mereka yang sudah menyerahkan email. Contohnya seperti e-book gratis, checklist, akses dalam jangka waktu terbatas ke produk atau kursus premium, dan lain-lain.

 

2. Tidak Membuat Janji yang Berlebihan

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer. Photo Credit: nbrii.com

Pebisnis hendaknya membuat harapan yang terdengar masuk akal bagi customer. Pastikan kamu bisa mewujudkannya sesuai janji awal,  lebih baik lagi jika semuanya terpenuhi di luar ekspektasi. Kepuasan dan kepercayaan customer tentu akan lebih mudah didapat jika kamu bisa melebihi harapan mereka.

Ingatlah bahwa kamu akan memiliki customer dengan pengalaman negatif bila semua hal berjalan buruk atau tidak lancar. Jika hal ini terjadi, bisnis kamu bakal mendapat reputasi buruk yang susah untuk dipulihkan. Jadi harap berhati-hati ketika membuat janji ya!

Kamu dianjurkan membuat harapan yang benar-benar masuk akal. Cobalah untuk mendokumentasikan semua perjanjian dan poin yang dibuat. Jika memungkinkan, kamu sebaiknya bekerja dengan para ahli hukum dan keuangan untuk memahami apakah janji yang dibuat benar-benar bisa dilakukan atau tidak.

 

3. Merancang Studi Kasus dan Laporan

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer. Photo Credit: visme.co

Tahukah kamu bahwa pembeli umumnya melakukan riset intensif terlebih dahulu sebelum membeli produk?.Menurut penelitian yang berfokus pada konsumsi konten di antara pembeli, sebanyak 78 % pembeli memilih membaca studi kasus ketika meneliti suatu produk.

Hasil studi tersebut juga menunjukkan bahwa sebanyak 48 % pembeli lebih menyukai studi kasus dibandingkan konten lainnya ketika meriset suatu produk. Oleh sebab itu, pebisnis amat dianjurkan merancang studi kasus secepatnya ketika mulai mendapat customer. Oke?

Kamu bisa menjadikan studi kasus sebagai cara menarik untuk menunjukkan kendala bisnis. Kehadirannya akan membuat cerita customer terlihat nyata dan menarik. Di samping itu, studi kasus juga dapat dijadikan contoh praktis tentang bagaimana cara kamu membantu customer meraih tujuan mereka.

 

4. Aktif Menggunakan Media Sosial

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer. Photo Credit: thejakartapost.com

Peranan media sosial  terhadap performa bisnis tidak boleh dipandang sebelah mata. Pebisnis perlu aktif memakai media sosial untuk berinteraksi dengan calon customer. Cobalah untuk membuat konten unik dan menarik setiap harinya di media sosial agar orang-orang makin tertarik mengenal brand atau produk kamu.

Kamu dianjurkan membalas segala pertanyaan dan komentar followers maupun visitors. Pasalnya, hal ini menggambarkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan mereka. Penggunaan media sosial juga akan memengaruhi cara pandang customer terhadap bisnis kamu. Untuk itu, gunakan bahasa ringan ketika berkomunikasi dengan customer atau saat menulis postingan.

Tunjukkan sikap ramah kepada customer atau calon customer kamu di media sosial. Buatlah mereka nyaman dan betah saat berinteraksi dengan kamu. Ingatlah bahwa kemampuan berbahasa  bisa mendekatkan kamu dengan banyak customer baru.

 

5. Menggunakan “Tools” yang Tepat

5 Cara Efektif Bangun Kepercayaan Customer. Photo Credit: entrepreneur.com

Para pegiat bisnis startup bisa membangun kepercayaan customer dengan memakai aneka online tools di website mereka. Misalnya seperti penggunaan aplikasi social proof. Apa fungsi dari tools tersebut?

Lewat social proof, pengunjung situs kamu bisa mendapat informasi tentang aktivitas customer secara real-time. Contohnya seperti pembelian produk, registrasi, atau seputar sign-ups. Aplikasi social proof juga mampu otomatis memilih produk terlaris serta menampilkan notifikasi terkait hal tersebut. Dengan begitu, urgensi akan muncul dalam diri user saat mereka melihat informasi berupa pembelian produk, registrasi yang terjadi dalam situs, dan lain-lain

Demikian 5 cara efektif membangun kepercayaan customer ke brand atau produk kamu. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya untuh kamu yang tengah menjalankan bisnis. Jika bisnis kamu memerlukan platform wifi dengan koneksi cepat dan sinyal stabil, jangan ragu untuk berlanggan Retinad secepatnya ya!

 

Source:  business2community

Feature Image - promotionaldrives.com


Categories

RELATED ARTICLES

Customer Loyalty Mar 23, 2020

Cara Ampuh Menarik Para Konsumen untuk Datang Kembali Setelah Kunjungan Pertama!


Tidak bisa dipungkiri kalau perilaku dari konsumen sulit untuk diterka,...

Customer Loyalty Apr 13, 2020

4 Cara Jitu Bisnis Online agar Kamu Memenangkan Hari Para Customer!


Ada loh beberapa cara jitu agar kamu bisa memenangkan hati...

Customer Loyalty Mar 04, 2022

3 Tips dari Google in Search 2021 yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Konsumen!


Jakarta, Retinad.com – Google menjadi search engine yang paling banyak...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.