Technology Apr 15, 2020

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India

Google belum lama ini merilis fitur baru untuk menambah kesiapan masyarakat dalam menghadapi virus Corona di India. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya di bawah ya!

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India

Agar masyarakat sigap menghadapi pandemic Corona, Google memperkenalkan beberapa fitur baru yang berkaitan dengan penanganan virus tersebut. Perusahaan ini merilis fitur yang membantu masyarakat untuk mendapat informasi terpercaya sekaligus menghentikan penyebaran informasi salah. Fitur apa sajakah itu? Berikut adalah 5 fitur terbaru Google yang dirilis di India. Silakan dicek!

 

1. News Shelf tentang Virus Corona di Youtube

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India. Photo Credit: techrunch.com

Google diketahui sudah meluncurkan rak berita khusus virus Corona di platform streaming video Youtube. Fitur yang muncul di bagian homepage ini memberikan kabar terhangat dari outlet media yang otoritatif. Keren sekali ‘kan?

Di samping itu, semua hasil pencarian dan video untuk Covid-19 di YouTube akan mencakup panel yang terhubung dengan situs MoHFW dan WHO. Google juga menurunkan sejumlah video yang dilaporkan aktif. Video-video tersebut kemungkinan berasal dari pihak yang ingin menghalangi masyarakat mencari pengobatan. Video yang mendorong pemakaian obat yang khasiatnya belum terbukti juga kabarnya diturunkan.

 

2. Tempat Penampungan Makanan dan Malam di Google Maps

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India. Photo Credit: london.anglican.org

Di masa pandemi Corona ini, aplikasi Google Maps bakal menunjukkan lokasi penampungan makanan dan malam milik pemerintah India. Total jumlah tempat penampungan ini kabarnya mencapai lebih dari 1.500 di 33 kota. Data tersebut dicatat oleh pihak Google.

Bahasa yang digunakan fitur ini adalah Inggris dan India. Ke depannya, aplikasi ini bakal diperkaya beragam bahasa baru sehingga bisa digunakan masyarakat luas.

 

3. Hasil Pencarian Terkait Virus Corona

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India. Photo Credit: dailymail.co.uk

Hal pertama yang dilihat orang saat mencari virus Corona di google adalah bagian khusus yang menampung informasi secara terkonsolidasi. Bagian tersebut juga mencakup konten otoritatif tentang gejala, pencegahan, perawatan, dan lain-lain.

Google India sendiri menampilkan informasi kepada pengguna yang mencari informasi fasilitas kesehatan seperti pusat bagian tes, rumah sakit, dan dokter. Pengguna nantinya disuguhi pedoman dari Kementerian Kesehatan tentang cara menjangkau pusat bantuan Covid-19. Pihak ini bakal membantu memberikan langkah selanjutnya kepada mereka yang membutuhkan.

 

4. Nearby Spot di Google Pay

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India. Photo Credit: indianexpress.com

Fitur baru lainnya yang dirilis Google India adalah Nearby Spot, yakni penunjuk toko lokal yang menyediakan kebutuhan penting seperti sayuran. Siapapun bisa memakai fitur ini dalam aplikasi pembayaran digital Google Pay. Penggunaan fitur ini kabarnya sudah diterapkan di daerah Bengaluru.

Nearby Spot rencananya juga bakal dirilis di sejumlah kota seperti Mumbai, New Delhi, Pune, dan Chennai. Selain Nearby Spot, Google Pay juga kini menyediakan fitur Covid-19 Spot berisi informasi langsung dari Kementerian Kesehatan. Fitur ini juga bisa digunakan pengguna Google Pay untuk berdonasi.

 

5. Covid-19 India Website

5 Fitur Baru Google Terkait Virus Corona yang Sudah Rilis di India. Photo Credit:  towardsdatascience.com

Sebelumnya, Google telah meluncurkan situs terkait Covid-19 yang didedikasikan untuk Amerika Serikat. Sekarang India juga memiliki website serupa berisi kumpulan data yang berkaitan dengan wabah virus tersebut. Pengguna smartphone bisa mengakses informasi dari website ini dengan berbagai macam pilihan bahasa, yakni India, Inggris, dan Marathi.

Demikian 5 fitur terbaru yang diluncurkan Google di masa pandemi virus Corona. Semoga paparan informasi di atas menambah wawasan kamu tentang perkembangan dunia teknologi saat ini. Jangan lupa disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi Corona. Jika kamu mencari platform WiFi untuk urusan bisnis, langsung saja berlangganan Retinad. Kami siap bantu urusan bisnis kamu dengan koneksi WiFi cepat dan sinyal stabil!

Source: gadgetsnow.com

Feature Image -  


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Apr 16, 2020

Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini


COVID-19 atau biasa juga disebut virus corona memang sudah merubah...

Technology Apr 14, 2020

Facebook Bakal Rilis Fitur Quiet Mode untuk Aplikasi Seluler


Dalam waktu dekat, Facebook bakal meluncurkan fitur terbarunya bernama Quiet...

Technology Nov 08, 2022

Biar Makin Lancar, Kamu Bisa Meningkatkan Skill Development Website dengan Cara Ini!


Jakarta, Retinad.com – Dibalik website yang menarik dalam bisnis, ada...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.