Technology Apr 03, 2020

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online

Belakangan ini banyak orang memakai aplikasi Zoom untuk rapat online saat pandemi Corona berlangsung. Bagaimana cara aman menggunakan Zoom agar terhindar dari hal-hal buruk? Silakan simak jawabannya di bawah ya!

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online

Work from home atau bekerja dari rumah menjadi opsi bagi sebagian  karyawan ketika masa pandemi virus Corona berlangsung. Salah satu layanan aplikasi yang digunakan banyak orang untuk rapat online adalah Zoom. Pada bulan Maret 2020, pemakaian Zoom dikabarkan menembus angka 200 juta.

Bila hendak memakai aplikasi ini untuk rapat daring, kamu sebaiknya tetap waspada agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Bagaimana cara memakai Zoom agar tetap amani? Berikut adalah 5 tips di antaranya. Silakan dicek ya!

 

1. Berhati-hati terhadap Link atau Tautan

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online. Photo Credit: zoom.us

Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama-tama kamu harus membuat rapat dan menyalin tautan yang dibuat Zoom terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa mengirim tautan tersebut kepada peserta rapat. Menurut Analis Keamanan Check Point Software Mark Ostrowski, dirinya tak pernah mengklik tautan apapun dari undangan Zoom karena itu berpotensi menjadi skema phishing (metode penipuan untuk mencuri informasi akun korban).

Salah satu trik yang sering digunakan para penipu adalah mengirim tautan berbahaya dalam bentuk email atau surat elektronik. Email tersebut biasanya berisi malware yang mampu mengendalikan komputer kamu secara keseluruhan. Seram, bukan?

Untuk itu, kamu disarankan memulai rapat dengan mengirimkan tautan “http://zoom.us/” diikuti rangkaian angka, huruf kapital, dan huruf kecil. Kirimkan tautan tersebut kepada peserta rapat. Trik sederhana ini akan melindungi kamu dari pencurian data atau informasi berharga.

 

2. Menyesuaikan Opsi Berbagi Layar Secepatnya

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online. Photo Credit: panopto.com

Sejumlah pengguna Zoom mengaku kedatangan “tamu tak diundang” saat melakukan rapat daring. Perilaku menyelinap ke dalam rapat secara tiba-tba inilah yang dinamakan “zoombombing”. Salah satu cara yang bisa dilakukan host untuk menghindari hal ini adalah menyesuaikan pengaturan sejak awal.

Pertama-tama, cobalah untuk melirik jendela aplikasi pengaturan pada Zoom terlebih dahulu. Kamu bisa mencari opsi untuk berbagi layar. Klik bagian tersebut, lalu pilih advanced settings atau pengaturan lanjutan. Setelag itu kamu bisa menginstruksikan Zoom untuk membiarkan host berbagi layar. Mudah, bukan?

 

3. Memanfaatkan Fitur Waiting Room

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online. Photo Credit: insider.com

Bisa dikatakan inilah fitur paling tersembunyi dari aplikasi Zoom. Lewat fitur Waiting Room, host mampu “menyaring” para tamu sebelum pertemuan dimulai agar keamanan semakin terjamin. Mantap sekali ‘kan?

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka bagian pengaturan akun master. Lokasinya terletak di bawah “My Account”, di kanan atas layar utama. Klik pengaturan dan bukalah tab Meetings. Mulailah scroll hingga ke bagian bawah. Di situlah kamu akan menemukan opsi Waiting Room. Sekali dipilih, opsi ini akan menjadi default untuk semua pertemuan kamu.

 

4. Membuat Webinar dibandingkan Rapat

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online. Photo Credit: theverge.com

Ini adalah presentasi untuk grup yang tidak membawa partisipasi. Itulah mengapa peluangnya untuk terkena hack sangat kecil. Webinar sendiri hanya tersedia untuk pengguna berbayar. Zoom diketahui bisa digunakan siapapun secara gratis untuk durasi kurang dari 40 menit. Biaya paket berbayar aplikasi ini dimulai dari 14,99 dollar AS.

 

5. Mengingat Jika Semua Kegiatan Terekam

5 Tips Aman Pakai Aplikasi Zoom saat Rapat Online. Photo Credit: deccanherald.com

Pengguna Zoom baiknya tidak mengatakan atau menulis hal-hal kontroversial di depan jendela obrolan. Dahulu banyak orang merasa kesal dengan fitur Zoom bernama  “attendee attention tracker” atau pelacak perhatian peserta. Fitur ini memungkinkan host untuk mengetahui peserta mana saja yang tidak menyimak rapat, contohnya seperti mengecek situs lain selama meeting.

Pihak Zoom mengatakan fitur tersebut kini sudah tak lagi aktif. Meski begitu, ada baiknya kamu tetap berhati-hati ketika berbicara di depan jendera obrolan selama rapat berlangsung. Pastikan kamu juga tetap menyimak hal-hal penting yang dibahas di dalam rapat. Oke?

Demikian 5 tips aman menggunakan aplikasi Zoom ketika rapat online. Semoga informasi ini membantu kamu untuk lebih berhati-hati saat berinteraksi lewat Zoom. Jika kamu mencari platform WiFi dengan koneksi cepat dan sinyal stabil untuk urusan bisnis, jangan ragu berlangganan Retinad. Kami siap bantu urusin semuanya biar kamu bisa fokus berbisnis.

 

Source: usatoday.com

Feature Image - theverge.com


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Apr 16, 2020

Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini


COVID-19 atau biasa juga disebut virus corona memang sudah merubah...

Technology Jun 06, 2022

Memasuki Masa Uji Coba, Instagram Persiapkan Fitur NFT untuk Para Kreator


Jakarta, Retinad.com – Instagram merupakan salah satu media sosial milik...

Technology Oct 11, 2022

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Antara VPN dengan Proxy


Jakarta, Retinad.com – Sebagai pengguna aktif internet, terdapat beberapa istilah...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.