Digital Marketing Apr 02, 2020

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020

Setiap marketer perlu mengikuti perkembangan dunia digital setiap harinya agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Apa saja tren seputar digital marketing yang melejit di awal tahun 2020? Cek jawabannya di bawah ya!

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020

Kompetisi digital terasa makin sengit di tahun 2020 ini. Para marketer kini berusaha menaikkan brand awareness dengan berbagai macam cara unik dan kreatif. Mereka juga ditantang untuk menggaet customer baru serta menumbuhkan pendapatan di dunia digital.

Untuk memenangkan kompetisi digital, ada baiknya kamu mengetahui tren digital marketing yang booming belakangan ini? Apa sajakah itu? Berikut adalah 6 di antaranya.

 

1. Brand Kian Berani dengan Dunia Digital dan Media Sosial

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020. Photo Credit: takeoffpr.com

Beragam brand atau merek saat ini tengah merasakan persaingan digital kelas berat. Siapapun tak bisa memakai metode lama yang sudah dipakai sejak lima tahun silam. Hal ini juga berlaku bagi industri yang lambat mengadopsi media digital. Mereka kini bereksperimen dengan format media baru, platform digital baru, serta teknologi baru untuk bisa menembus kebisingan.

Untuk itu, kamu perlu mengembangkan tingkat permainan digital secepatnya. Cobalah kejar target dengan memelajari cara kerja video, podcast, konten interaktif, serta teknologi terkini lainnya. Alih-alih mengejar sesuatu yang tengah bersinar, kamu lebih baik berfokus meraih tujuan dengan teknologi yang ada.

 

2. Brand Menjadi Interaktif atau Mudah Diajak Berbicara

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020. Photo Credit: kontra.agency

Salah satu tujuan yang perlu dikejar brand di tahun 2020 adalah punya hubungan berkelanjutan dengan para audiens. Pasalnya hal ini akan mendekatkan kamu ke banyak manfaat positif. Percakapan yang kontinyu akan melahirkan kepercayaan, pemberdayaan, inspirasi, dan hiburan sehingga berdampak pada munculnya ROI positif.

Mulai berpikir untuk menghasilkan kata-kata sempurna saat menerbitkan sebuah postingan blog. Penerapan strategi content marketing yang baik tentunya akan merekatkan hubungan kamu dengan customer. Seorang marketer hendaknya menginvestasikan hati dan usaha yang tulus dalam content marketing supaya mampu memenangkan hati audiens.

 

3. Brand Menjadi Lebih Personal serta Membuat Pengalaman yang Berkesan

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020. Photo Credit: swat.io

Di tahun 2020 ini, audience first marketing bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah persyaratan. Banyak brand menerapkan pendekatan ini dalam presensi digital dan strategi marketing mereka. Mereka akan menggali informasi seputar audiens lebih dari demografi umur, gender, ataupun pendekatan.

Hal-hal yang dianalisis banyak brand saat ini berkaitan dengan psikografi. Contohnya adalah sikap, kepercayaan, perilaku, serta alasan mengapa audiens melibatkan cara yang mereka lakukan. Marketer tentu tak bisa menciptakan pengalaman berkesan untuk seseorang yang tak dikenal. Itulah mengapa banyak brand memilih audience marketing supaya mereka dapat lebih mengenal audiens ketimbang kompetitor.

 

4. Brand Menemukan Suara Sendiri Lewat Podcasting

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020. Photo Credit: amazonaws.com

Ada banyak pilihan strategi yang bisa dipakai brand untuk menembus “kebisingan” di tahun 2020. Nah peluang brand untuk sukses juga terbuka lebar ketika kamu memanfaatkan marketing via podcast dan audio. Lewat cara ini, marketer bisa menjangkau customer yang ditargetkan dengan cara bermakna.

 

5. Brand Bakal Mengembangkan Presensi Digital Mereka Jadi Lebih Efisien

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020. Photo Credit: uprint.id

Mendirikan bisnis di tanah sewaan sejak dahulu tak pernah menjadi taruhan yang aman. Meski demikian, banyak marketer malas yang masih menaruh seluruh telur digital mereka dalam keranjang sosial seperti Instagram atau Facebook. Keputusan naif ini biasanya berakhir pada penyesalan.

Untuk itu, setiap marketer perlu membuat presensi digital mereka menjadi lebih efisien dan efektif. Ini adalah yang sangat diperlukan supaya customer dapat menemukan kamu secara mudah. Biarkan mereka tahu bahwa bisnis kamu sudah berlangsung mapan. Oke?

 

6. Marketer Jadi Lebih Cerdas dengan Pengukuran dan Optimisasi

6 Tren Seputar Digital Marketing yang Melejit di Awal Tahun 2020. Photo Credit: contentrefined.com

Sahabat terbaik marketer dalam urusan bisnis adalah data dan analisis. Kamu perlu belajar untuk mengubah dan mengoptimalkan marketing campaign, konten, dan program sosial agar lebih gesit. Oke?

Mulailah cari tahu bagaimana cara tercepat untuk memelajari konten apa yang bekerja. Setelah itu, optimalkan hal tersebut untuk mendapat pengembalian yang lebih besar. Ulangi terus hal ini hingga kamu benar-benar merasakan sukses.

Marketer baiknya mengambil keputusan berdasarkan data untuk mendukung hal-hal terbaik dari fitur kurasi jaringan sosial, misalnya seperti IGTV. Kamu bisa merangkul konten yang terkurasi dengan memanfaatkan konten yang sudah teruji kualitasnya.

Demikian 6 tren seputar digital marketing yang melejit di awal tahun 2020. Semoga paparan informasi di atas bermanfaat serta membantu kamu yang menjalankan usaha bisnis online. Bila kamu mencari platform WiFi untuk urusan bisnis, langsung aja berlangganan Retinad yang menawarkan koneksi cepat dan sinyal stabil.

 

Source: busness2community

Feature Image - vidyard.com


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Jun 17, 2022

Brand Positioning: Strategi Marketing untuk Memperkuat Bisnismu


Jakarta, Retinad.com – Sebagai seorang businesspreneur, kamu pasti ingin mengembangkan...

Digital Marketing May 23, 2022

Google Lighthouse: Tools Google yang Dapat Membantu Menaikkan Performa Website


Jakarta, Retinad.com – Dalam mengelola website untuk bisnis, penting tentunya...

Digital Marketing Nov 24, 2021

Tak Terduga, 5 Cara Ini Mampu Meningkatkan Creative Thinking, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Dalam menjalani bisnis, berpikir kreatif adalah sebuah...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.