Technology Apr 16, 2020

Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini

COVID-19 atau biasa juga disebut virus corona memang sudah merubah beberapa kebiasaan, termasuk teknologi. Penasaran, faktornya apa saja? Simak saja artikel ini!

Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini

Bisa dikatakan kalau akhir-akhir ini kita mengalami perubahan dalam kegiatan atau kebiasaan sehari-hari, tentunya alasannya sangat terlihat jelas karena adanya pandemi COVID-19 merebak di seluruh dunia. Indonesia sendiri juga merupakan salah satu negara yang terpapar virus ini, bahkan jumlah korbannya bertambah setiap harinya.

Akibat dari pandemi COVID-19 ini sendiri ternyata tak hanya terasa pada kehidupan sehari-hari loh, namun juga terdampak perubahan sikap orang dalam bekerja, khususnya bersinggung dengan teknologi. Yaap, teknologi seakan menjadi pembantu atau jalan keluar paling tepat untuk sebagian pekerja loh.

Apa saja sih yang menjadi tolak ukur dalam perubahan tersebut? Daripada kamu semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Ingat, kamu harus selalu berada di dalam rumah yaa, karena itu merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan tingkat penularan virus ini!

 

WFH (Work from Home)
 


Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini. Credit: cashjobs.me
 

WFH atau work from home menjadi sebuah sebutan yang tak asing akhir-akhir ini, sebab dengan metode ini, maka para pekerja pun bisa melakukan aktivitasnya tanpa harus datang ke kantor. Tentunya teknologi menjadi teman baik, mulai dari gadget hingga internet.

Tren satu ini ternyata cukup baik untuk pekerjanya itu sendiri dan untuk lingkungan sekitar, karena para pekerja pun tak harus keluar rumah setiap harinya. Memang diperlukan pembiasaan diri pada awalnya, namun lama-kelamaan para pekerja pun akan menemukan titik terang untuk tetap fokus dan produktif.

 

Konferensi Menjadi Virtual
 


Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini. Credit: .vertica.com
 

Peraturan negara sudah sangat jelas sekali memberikan informasi kalau sangat disarankan untuk menghindari perkumpulan orang atau berada di dalam keramaian. Oleh sebab itu, selain dari WFH, konferensi juga mengalami perubahan loh.

Banyak dari konferensi negara ataupun perkantoran mengubah pertemuannya menjadi virtual. Sekali lagi, teknologi menjadi teman baik. Banyak aplikasi yang bisa kamu unduh loh untuk bisa melakukan konferensi secara virtual, salah satunya ialah Zoom.

 

Meeting juga Menjadi Virtual
 


Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini. Credit: /magazine.job-like.com/
 

Bukan hanya konferensi saja yang berubah menjadi virtual, namun meeting juga akan berubah menjadi virtual. Mengingat masih banyak pekerja di luar sana yang masih menggunakan metode ini untuk terus produktif.

Apalagi bidang-bidang pekerjaan yang mengutamakan komunikasi sebagai senjata utamanya, tentunya mereka tidak akan bisa lepas dari meeting. Sama halnya dengan koferensi, teknologi pun menjadi teman baik.

 

Harus Lebih Tanggap dan Cepat
 


Bagaimana Pandemi COVID-19 Merubah Kultur Teknologi Akhir-Akhir Ini. Credit: inc.com
 

Pandemi COVID-19 sendiri telah merubah kultur berbasis teknologi dan infrastuktur lebih cepat, apalagi kalau berhubungan dengan perkembangan informasi di Internet. Yaap, hal ini pun bisa dilihat dari semakin banyaknya informasi seputar perkembangan pandemi ini ketika kamu berselancar di dunia maya.

Bahkan perubahan ini tak hanya berlaku di Indonesia saja, mengingat ini merupakan sebuah pandemi, sehingga seluruh dunia pun harus membiasakan diri akan perubahan ini. Namun apa saja sih yang membuat para pekerja harus bekerja lebih tanggap dan cepat?

Ada banyak faktornya, mulai dari harus selalu update terhadap segala perkembangan, harus siap sedia akan banyaknya permintaan pekerjaan, hingga selalu berkomunikasi dengan rekan kerja secara virtual. Ternyata perubahan-perubahan seputar teknologi ketika pandemi ini cukup berat bukan? Namun harus selalu dihadapi dengan senyuman yaa.

 

**

 

Dengan adanya perubahan dikarenakan oleh pandemi ini, tentunya kita harus bisa cepat dalam mengambil keputusan dan beradaptasi. Tetaplah jaga kesehatan kamu dan selalu buat diri kamu selalu nyaman di rumah yaa. Ingat, berada di rumah bisa membantu banyak orang di luar sana yang berjuang mati-matian untuk menurunkan penularan COVID-19!

 

Source: .idginsiderpro.com

 

 

Featured Image: blog.gotomeeting.com

 


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Apr 03, 2022

5 Aplikasi yang Dapat Membantu Kegiatanmu di Bulan Ramadan


Jakarta, Retinad.com – Tidak terasa, bulan Ramadan sudah kembali datang....

Technology Oct 07, 2021

Kenalan dengan Fitur Baru Whatsapp: Bisa Transfer Uang, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan sosial media saat ini tidak hanya...

Technology Feb 01, 2022

Akuisisi Activision Blizzard, Apakah Microsoft akan Segera Masuk Metaverse?


Jakarta, Retinad.com – Sejak Mark Zuckerberg mengumumkan akan membuat Metaverse,...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.