Lifestyle Apr 15, 2020

Dalgona Coffee, Kuliner Masa Karantina yang Jadi Buah Bibir Warganet

Dalgona coffee belakangan ini ramai dibicarakan warganet dunia maya. Apa yang membuat kopi ini istimewa? Cek jawabannya di bawah ya!

Dalgona Coffee, Kuliner Masa Karantina yang Jadi Buah Bibir Warganet

Belum lama ini ada minuman yang kerap muncul di berbagai media sosial, mulai dari Tiktok, Instagram, Facebook, Pinterest, hingga WhatsApp. Popularitasnya terus menanjak di kalangan warga internasional khususnya pada masa swakarantina ini. Minuman tersebut tak lain dan tak bukan adalah Dalgona Coffee.

 

“Kopi Karantina” Favorit Warganet

Dalgona Coffee, Kuliner Masa Karantina yang Jadi Buah Bibir Warganet. Photo Credit: vox.com

Semua orang nampak terobsesi untuk membuat kopi asal negara Korea Selatan ini. Dalgona Coffee seolah-olah berhasil ‘menyatukan’ warga dunia yang tak mampu keluar rumah karena pandemi Corona. Kuliner ini nampak sukses sedikit mengalihkan pikiran masyarakat dari situasi krisis yang melanda dunia internasional.

Tak sedikit orang menjuluki Dalgona Coffee sebagai “Kopi Karantina” karena namanya naik selama masa karantina. Menghabiskan waktu santai bersama Dalgona Coffee kini telah menjadi salah satu aktivitas favorit warganet. Hal tersebut tergambar dari banyaknya video dan foto yang menampilkan kopi berlapis halus ini di berbagai situs jejaring sosial.

 

Keistimewaan Dalgona Coffee

Dalgona Coffee, Kuliner Masa Karantina yang Jadi Buah Bibir Warganet. Photo Credit: vox.com

Nama “Dalgona” sendiri berasal dari toffee asal Korea Selatan yang terbuat dari lelehan gula dan soda kue. Daya tarik kopi ini terletak pada proses pembuatannya yang unik dan sederhana. Selain itu, bahan-bahan pembuatan Dalgona Coffee juga mudah dibawa ke mana-mana. Belum lagi dengan tampilan akhirnya yang sungguh fotogenik  dan menggoda selera.

“Dan waktu. Hanya membutuhkan (waktu) lima menit untuk menyiapkan Dalgona Coffee,” ujar youtuber asal Qatar bernama Deepa Sandeep, dikutip dari manoramaonline (6/4/2020). Ia mengatakan hal tersebut ketika membuat kopi bersama anak laki-lakinya, Adithya.

“Mereka yang menggemari Latte dan Cappuccino pasti akan suka Dalgona Coffee. Ada kepahitan di dalamnya. Jika seseorang ingin menurunkan hal tersebut, mereka bisa mengurangi kopi bubuk dan menambahkan gula lebih banyak. Penyuka espresso juga akan menyukai rasanya,” tambah Deepa.

Hanya ada tiga bahan utama yang dibutuhkan untuk menyiapkan Dalgona Coffee, yakni kopi instan, susu, dan gula. Kamu perlu mengocoknya hingga berawan untuk kemudian disajikan dalam lapisan berwarna. Dalgona Coffee punya kemiripan dengan kuliner Fenti Hui asal India, di mana campuran kafein berbusanya diberi tambahan susu.

 

Bereksperimen dengan Dalgona Coffee

Dalgona Coffee, Kuliner Masa Karantina yang Jadi Buah Bibir Warganet. Photo Credit: nypost.com

Contoh orang yang mengenal Dalgona Coffee dari media sosial adalah dokter gigi asal India bernama Vijith Narayana. Pria penyuka fotografi ini tertarik meracik Dalgona Coffee pada masa karantina. Ia sendiri tak lupa mendokumentasikan aktivitas ini dalam foto.

“(Kegiatan) itu cukup menyegarkan (pikiran), istri dan anak-anakku menyukainya,” kata Vijith.

Menurut Vijith, dalgona coffee bisa disiapkan dalam tiga cara. Teknik pertama menggunakan blender tangan, pilihan kedua adalah mengocok, dan ketiga adalah memakai pengocok. Ia menilai kunci kesuksesan membuat kopi ini adalah mendapatkan tekstur krim yang sempurna. Saat ditambahkan susu dingin, lapisannya akan terbentuk.

Ada banyak hal unik yang bisa kamu coba untuk bereksperimen dalam tagar #dalgonacoffeechallenge di media sosial. Contohnya seperti variasi minuman yang berimprovisasi dengan bahan racikan serta tambahan cocoa, kayu manis, vanilla, dan telur. Menarik bukan?

Demikian informasi seputar dalgona coffee yang tengah menjadi tren dunia baru-baru ini. Semoga penjelasan di atas menambah wawasan dan pengetahuan kamu seputar kopi ini. Jika kamu mencari platform wifi terbaik untuk keperluan bisnis, langsung saja berlangganan Retinad yang menawarkan koneksi cepat dan sinyal stabil.

Source: manoramaonline.com

Feature Image - asianfoodnetwork.com


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jan 05, 2022

Bangkitkan Semangat Produktif di Kantor dengan Hindari 4 Hal Ini


Jakarta, Retinad.com – Tidak terasa waktu liburan sudah habis dan...

Lifestyle Dec 26, 2021

Rasakan Kemeriahan Natal dalam Secangkir Kopi? Cobalah Buat Menu Ini!


Jakarta, Retinad.com – Memasuki penghujung tahun, kamu pastinya sudah menyiapkan...

Lifestyle Jan 08, 2022

Ramah Lingkungan, Deretan Sustainable Fashion Ini Bisa Menjadi Inspirasi


Jakarta, Retinad.com – Banyak orang yang membuat resolusi di tahun...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.