Lifestyle Aug 25, 2021

4 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Jakarta, Retinad.com - Tak hanya rempah-rempahnya saja, Indonesia ternyata banyak sekali menyimpan makanan atau minuman yang bercita rasa tinggi. Salah satunya yaitu kopi. Ternyata, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji kopi terbaik di dunia. Prestasi yang di dapat salah satunya adalah menjadi negara urutan ke empat dalam memproduksi kopi untuk belahan dunia. Nah, maka dari itu, sudah pasti kenikmatan yang di dapat juga sangat diakui, tak hanya dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

4 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Iklim tropis yang dimiliki negara Indonesia memberikan keuntungan tersendiri dalam hal produksi kopi. Hal ini karena tanaman kopi memang sangat cocok ditanam di daerah beriklim tropis, tepatnya di wilayah sebelah utara dan selatan garis khatulistiwa, 23 derajat utara dan 23 derajat selatan. Oleh karena itu, kenikmatan kopi Indonesia memang tidak ada duanya. 

Nah, kira-kira, apa saja sih kopi khas Indonesia yang telah populer di luar negeri? 

Kopi Luwak 

Kopi Luwak merupakan seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kopi ini berasal dari kawasan Asia Tenggara dan sudah lama diketahui. Tetapi mulai terkenal di dunia internasional oleh para pecinta kopi gourmet sekitar tahun 1980-an. Biji kopi luwak merupakan biji kopi termahal di dunia dengan harga mencapai satu juta/kilogram. Di desa Dono Rojo, Jepara Jawa Tengah, petani sanggup memproduksi kopi luwak dan sudah mengekspornya ke Jepang.

Kopi Toraja

Kopi Indonesia yang juga telah mendunia adalah Kopi Toraja. Bahan untuk minuman ini sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi, kopi ini terkenal dengan rasa khasnya seperti rasa tanah dan hutan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik. Banyak yang mengatakan bahwa saat kopi ini diseruput, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang. Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat. 

Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah jenis kopi Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah Aceh Tengah tepatnya di  dataran tinggi Gayo. Di daratan tinggi Gayo ini lah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan. Kopi Gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang sangat kuat menjadikan banyak orang yang mencicipinya ketagihan. Negara tujuan terbesar ekspor kopi ini yaitu Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Kopi Sidikalang

Salah satu macam kopi khas Indonesia, yakni kopi Arabika atau Kopi Sidikalang. Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral, mampu menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Sidikalang merupakan salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia yang masuk ke dalam jajaran salah satu kopi terbaik dunia dan banyak yang menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil. (CI/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Sep 17, 2021

4 Tipe Barista pada Coffee Shop: Mana yang Pernah Ditemui?


Jakarta, Retinad.com – Sebelum PPKM diberlakukan, pastinya banyak di antara...

Lifestyle May 05, 2020

3 Hal di Kantor Ini Bisa Berubah Drastis Setelah Pandemi Covid-19 Selesai


3 perubahan ini bisa saja terjadi di kantor Anda setelah...

Lifestyle Nov 07, 2021

Bikin Weekend Menjadi Asyik dengan Kegiatan Slow Cooking: Sudah Pernah Dengar?


Jakarta, Retinad.com – Weekend memang menjadi waktu yang paling menyenangkan...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.