Lifestyle Sep 14, 2021

Bukan Sekedar Kreatif, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Seorang Creativepreneur!

Jakarta, Retinad.com – Menjadi seorang pebisnis menjadi hal yang lumrah saat ini. Semenjak pandemi melanda, banyak orang yang memutuskan untuk menjadi seorang pebsinis – atau mungkin kamu salah satunya. Bukan hanya menjadi seorang entreprenur biasa pada umumnya, namun ada istilah creativepreneur yang banyak digaungkan.

Tidak hanya sekedar berbisnis, seorang creativepreneur akan membuat bisnisnya ke tingkat kreativitas yang lebih tinggi. Seperti penulis, animator, desainer, dan bidang-bidang kreatif lainnya. Namun untuk menjadi seorang creativepreneur tidak hanya soal kreatif dan ide cemerlang saja, lho!

Bukan Sekedar Kreatif, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Seorang Creativepreneur!

Menjadi seorang creativepreneur harus memerhatikan beberapa hal lainnya agar bisnisnya dapat berjalan sesuai dengan lancar sesuai yang diharapkan. Jika kamu adalah seseorang yang baru akan menjadi creativepreneur, ada baiknya kamu memerhatikan hal-hal penting di bawah ini.

Ketahui Passion-Mu

Menjadi seorang creativepreneur tentunya memerlukan kreativitas dan ide yang cukup cemerlang. Namun sebelum itu berjalan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu passion yang dimiliki agar kreativitas tercipta dengan lancar.

Setelah mengetahui passion, ada baiknya kamu juga dapat mengukur seberapa besar keahlian yang dimiliki dalam passion tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya bisnismu dapat dipercaya oleh klien dan dapat memaksimalkan bisnis dengan baik. Jangan memaksakan bisnis jika tidak sesuai dengan passion-mu, ya!

Mempelajari Industri Kreatif lebih Dalam

Bukan masalah kreativitas saja, namun sebagai seorang creativepreneur kamu juga perlu memahami industri yang digeluti – yaitu industri kreatif itu sendiri. Setidaknya, kamu mempelajari bisnis dan industri bisnis secara dasar agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan sesuai harapan.

Pengetahuan mengenai bisnis dan industri kreatif ini sanggat diperlukan, karena nantinya akan menjadi arahan bagimu dalam menjalaninya. Jika sudah memahaminya, maka bisnis yang dijalankan tidak akan sia-sia dan pastinya akan mendapatkan feedback yang baik pula.

Kunci Dalam Bisnis: Sabar

Dalam memulai bisnis, selain keahlian – kamu juga memerlukan kesabaran yang cukup tinggi. Namun sebagai seorang creativepreneur, kesabaran harus dilatih lebih tinggi. Hal ini dikarenakan karena industri kreatif seringkali bersinggungan dengan permintaan yang sulit untuk dipahami.

Hal ini lumrah terjadi karena industri kreatif menjadi tempat di mana bisnismu akan menjadi jembatan bagi klien untuk mewujudkan hal yang diinginkan. Permintaan yang tidak mudah ini akan membuatmu sebagai creativepreneur akan kesulitan untuk mewujudkannya. Untuk itu kesabaran menjadi hal yang perlu dimiliki.

Karena jika mengabaikan hal ini, bisnismu lah yang akan dipertaruhkan – karena reputasi dapat terancam. Jadi, dalam perkembangannya dan menjalaninya harus disertai kesabaran yang extra ya!

Menjadi seorang pebisnis tentunya bukan hal yang mudah, begitu juga menjadi seorang creativepreneur yang memerlukan kreativitas tinggi serta kemampuan untuk bersaing yang cukup tinggi. Untuk itu, pastikan kamu memerhatikan 3 tips di atas dengan baik ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 14, 2021

Menghargai Diri dengan Self Reward: Penting untuk Mental, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Demotivasi selama bekerja sudah menjadi hal yang...

Lifestyle Jan 05, 2022

Bangkitkan Semangat Produktif di Kantor dengan Hindari 4 Hal Ini


Jakarta, Retinad.com – Tidak terasa waktu liburan sudah habis dan...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.