Lifestyle Sep 20, 2021

Demotivasi Berujung Prokrastinasi? Simak 4 Cara Ini untuk Melawannya!

Jakarta, Retinad.com – Rutinitas work from home yang sudah hampir 2 tahun diberlakukan ini membuat sebagian besar orang mulai bosan dengan rutinitas ini. Bagaimana tidak – bekerja di dalam rumah dengan jam yang tidak menentu dan juga pekerjaan yang selalu berdatangan pastinya membuatmu mulai lelah dengan keadaan ini.

Karena rasa lelah ini, akhirnya kamu merasa demotivasi dan berujung prokrastinasi. Prokrastinasi atau kebiasaan menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang saat ini menjadi masalah dan tentunya akan diteruskan akan menjadi kebiasaan buruk. Tentunya, hal ini tidak boleh terjadi secara terus menerus.

Demotivasi Berujung Prokrastinasi? Simak 4 Cara Ini untuk Melawannya!

Untuk dapat melawan rasa lelah dan malas karena demotivasi, kamu perlu menyadari bahwa prokrastinasi bukan kebiasaan baik yang seharusnya dimiliki. Maka dari itu, penting untukmu merubah kebiasaan tersebut agar semangat bekerja kembali tumbuh. Bagaimana cara terbaik untuk melawan prokrastinasi? Lebih baik simak ulasan selengkapnya di bawah ini deh!

Mengatur Waktu dengan To-do List

Sering menunda kerja biasanya amembuatmu lupa dengan pekerjaan yang sebetulnya sudah mendekati deadline. Akibatnya, pekerjaanmu semakin terbengkalai dan juga memperburuk kinerja diri. Untuk itu, penting untukmu mengatur waktu yang baik dalam mengerjakan pekerjaan.

Untuk memudahkan – buatlah to-do list untuk mencatat seluruh pekerjaan yang diselesaikan. Dengan cara ini, kamu dapat menyadari pekerjaan mana yang perlu diselesaikan. Cara mengatur waktu menggunakan to-do list ini terbilang cukup efektif karena menghilangkan rasa malas yang selalu menghampiri dan berakhir prokrastinasi.

Menerapkan Sistem Prioritas

Jika sudah membuat to-do list, akan lebih mudah lagi jika kamu membuat sistem prioritas. Dengan melihat seluruh pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan – dan mengurutkannya sesuai dengan level prioritas untuk dikerjakan. Prioritaskan pekerjaan dengan tenggang waktu yang singkat atau pekerjaan yang berat terlebih dahulu agar segera terselesaikan.

Setelah menyelesaikan pekerjaan yang diprioritaskan, kamu dapat memulai pekerjaan lain dengan skala prioritas lebih rendah secara berurutan. Dengan membuat sistem prioritas ini, pekerjaanmu akan terasa lebih mudah dan tentunya tidak membuatmu kewalahan karena dikejar waktu.

Mengatur Waktu Bekerja selama WFH

Hal yang seringkali menjadi masalah ketika WFH adalah karena tidak adanya batasan untuk bekerja, sehingga waktu istirahat yang dimiliki pun semakin berkurang. Meskipun pekerjaan tidak kunjung berhenti, kamu tetap perlu untuk mengatur waktu ketika bekerja selama WFH, lho.

Setiap kali menyelesaikan pekerjaan, luangkan 5 hingga 10 menit untuk beristirahat – baik menyeduh teh, berjalan-jalan keliling rumah, atau hal-hal sederhana lainnya. Sebisa mungkin untuk tidak menatap monitor atau layar smartphone. Pikiran Anda pun akan segar kembali dan siap melanjutkan pekerjaan.

Kamu juga bisa mengatur waktu kerja denganmenetapkan durasi untuk menyelesaikan masing-masing pekerjaan. Hal ini juga bisa jadi tantangan tersendiri bagimu untuk lebih cepat dan juga teliti dalam bekerja. Tetapkan waktu untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, dan jika ternyata memerlukan lebih dari  yang ditentukan – maka lakukan evaluasi diri untuk dapat mengoptimalkan kinerjamu.

Memberikan Reward pada Diri Sendiri

Salah satu alasan prokrastinasi adalah karena hilangnya motivasi dalam bekerja. Untuk menimbulkan motivasi tersebut, kamu dapat memberikan reward bagi diri sendiri bila berhasil menuntaskan pekerjaan dengan waktu yang tepat. Kebiasaan ini juga dapat membuat fokus kerjamu semakin tinggi, lho. Reward yang dapat ditentukan sendiri juga tentunya akan membuatmu bahagia ketika mencapainya.

Itulah 4 hal yang dapat dilakukan untuk melawan prokrastinasi. Jika kamu sedang mengalami demotivasi – setelah membaca artikel ini, tidak ada alasan lain untuk menunda pekerjaan kan? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 25, 2022

Yuk, Berakhir Pekan ke 5 Mall Pet Friendly di Jakarta!


Jakarta, Retinad.com – Hewan peliharaan sudah menjadi salah satu anggota...

Lifestyle Oct 07, 2022

Buat Para Pecinta Film, Kamu Wajib Tahu 4 Aplikasi Ini!


Jakarta, Retinad.com – Apakah kamu tim yang sering menonton film...

Lifestyle Jul 05, 2022

4 Aplikasi Kelola Keuangan: Tetap Aman hingga Akhir Bulan!


Jakarta, Retinad.com – Mengelola uang memang bukanlah hal yang mudah....

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.