Lifestyle Sep 10, 2021

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta!

Jakarta, Retinad.com – Untuk kamu yang terbiasa menikmati kopi setiap harinya mungkin sudah mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta, karena robusta lebih pahit, sedangkan arabika cenderung manis. Namun, ternyata perbedaan kedua kopi ini tidak hanya ada pada rasa, lho!

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta!

Selain rasa dan harga, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari dua jenis kopi ini. Jika kamu mengharapkan perbedaannya adalah lebih ramah di lambung, sepertinya kamu harus mengurungkan pemikiran tersebut – karena perbedaannya ada pada keistimewaannya!

Jadi, apa saja perbedaan di antara kedua jenis kopi yang melegenda di Indonesia ini? Daripada mencoba menebak, lebih baik simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Penanaman yang Berbeda

Kopi arabika merupakan jenis kopi yang berasal dari dataran tinggi tepatnya di Ethiopia Barat. Dari perkembangannya, biji kopi tersebut di bawa ke dataran rendah di arab. Lalu arabika tumbuh di ketinggian 3.000-7.000 kaki di atas permukaan laut sehingga tumbuh ideal di daerah sub-tropis.

Sedangkan untuk robusta sendiri – tumbuh di dataran rendah Afrika Barat dengan suhu yang lebih tinggi. Robusta termasuk jenis kopi yang rentan terkena hama dan penyakit. Sehingga perawatannya yang sulit membuat kopi jenis ini cenderung lebih mahal dibandingkan arabika.

Perbedaan Kadar yang Dimiliki

Terdapat fakta unik mengenai kopi arabika dan robusta – yaitu kadar kafein pada arabika ternyata dua kali lebih rendah dibandingkan kopi robusta. Kopi arabika sendiri memiliki kadar gula dua kali lebih rendah dari kopi robusta. Hal inilah yang membuat kopi arabika lebih manis.

Kopi robusta juga memiliki kadar asam yang lebih rendah dibandingkan kopi arabika. Sehingga kopi dengan jenis yang satu ini akan lebih aman jika dikonsumsi sebelum makan. Meskipun begitu, ada baiknya untukmu tetap makan terlebih dahulu sebelum minum kopi, ya!

Kualitas yang Sama Istimewa

Meskipun perbedaan yang dimiliki cukup signifikan, namun harus diakui bahwa kedua jenis kopi ini punya keistimewaan yang sama.Mengingat kedua jenis ini menjadi juara prima di Indonesia, kualitas yang dimiliki oleh keduanya memang tidak diragukan lagi.

Segi kualitas kopi arabika dan robusta di Indonesia tidak diragukan lagi, karena jenis kopi ini sudah mendunia dan bahkan diakui kenikmatannya oleh dunia. Sebagai orang Indonesia, kamu harus bangga akan hal ini.

Setelah membaca ini, sudah jelas perbedaan dari kedua jenis kopi ini kan? Jangan lupa untuk menyantap kopimu hari ini agar lebih produktif, ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 22, 2021

Bekerja Makin Nyaman dengan Japandi Minimalist: Ini Panduan Lengkapnya!


Jakarta, Retinad.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa mood dalam bekerja...

Lifestyle Jan 29, 2022

Daya Tarik Wisata Diprediksi akan Berubah, Simak Selengkapnya Di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Selama hampir 2 tahun, ruang gerak masyarakat...

Lifestyle Mar 20, 2022

Ramai Diperbincangkan, 4 Wisata di Jakarta Ini Dapat Membuat Weekendmu Berwarna!


Jakarta, Retinad.com – Mulai minggu ini, Jakarta sudah memasuki PPKM...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.