Lifestyle Sep 12, 2021

Para Penikmat Kopi, Apakah Sudah Mencoba Home Brewer?

Jakarta, Retinad.com – Budaya meminum kopi di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Bukan hanya karena memiliki biji yang berkualitas, menikmati kopi memang sudah menjadi kebiasaan yang seakan sudah turun menurun dilakukan.

Untuk kamu yang biasa menikmati kopi di kedai kopi hingga coffee shop ternama – PPKM membuatmu menjadi terbatas untuk menikmati kopi dengan kebiasaan ini. Alhasil, kamu hanya menikmati kopi di rumah dengan penyeduh rumahan atau teknik home brewer.

Para Penikmat Kopi, Apakah Sudah Mencoba Home Brewer?

Namun, banyak dari penikmat kopi yang masih enggan untuk mencoba kopi buatannya sendiri dengan teknik home brewer. Padahal dengan mencoba teknik ini – kamu dapat menciptakan cita rasa baru dari eksperimen sendiri, lho.

Agar home brewing-mu terasa menyenangkan dan dapat menciptakan kopi nikmat sesuai harapan, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu teknik home brewing yang tepat. Untuk mengetahui hal itu, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya!

Asyiknya Home Brewer

Home brewing tidak hanya menjadi teknik kopi rumahan yang dapat dinikmati ketika ingin menikmati kopi di rumah. Lebih dari sekedar itu – home brewer mengajakmu berkreasi tanpa batasan dalam membuat kopi. Dengan teknik ini, kamu bisa menjadi barista untuk kopimu sendiri.

Home brewer mengajakmu untuk mengeksplorasi segala hal untuk kopi yang dibuat – seperti memilih biji kopi, membuat varian kopi sesuai keinginan, dan hal-hal lainnya. Dengan teknik ini juga kamu bisa lebih mengenal kopi yang sesuai dengan lidahmu tanpa harus pergi ke kedai kopi.

Alat yang Dibutuhkan untuk Home Brewer

Sebelum memutuskan untuk memulai home brewer, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan. Karena sebagai pemula tentunya tidak mudah untuk memulai hal ini. Ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukannya.

Namun, kamu bisa memulainya dengan melengkapi alat seduh di rumah. Seperti membeli grinder, kettle, scale, termometer, dan alat-alat penunjang seduh lainnya. Tidak perlu membeli yang mahal atau profesional – cukup membeli manual grinder saja sudah sangat membantumu, lho!

Jika budget yang dimiliki memadai dan skill-mu sudah terasah, kamu bisa membeli alat dripper seperti V60, Kalita Wave, ata Chemex. Dengan menambah alat dripper ini kamu juga akan menemukan cita rasa kopi baru yang menarik.

Next Level Home Brewing: Dapat Ikut Kompetisi!

Jika kamu sudah mulai nyaman membuat kopi sendiri dengan home brewer, pengetahuan kopimu tentunya akan bertambah. Usai PPKM, kamu bisa mendapatkan topik baru untuk dibicarakan ketika berkunjung ke kedai kopi yang biasa didatangi untuk sekedar sharing mengenai kopi rumahan yang telah berhasil dibuat.

Selain itu, keunggulan dari belajar home brewing adalah kamu bisa mengikuti kompetisi kopi. Saat ini sudah banyak kompetisi kopi yang berasal dari penyeduh rumahan. Hal ini dikarenakan para penyeduh kopi rumahan akan memiliki cita rasa uniknya masing-masing.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi home brewer dan mulai memikirkan alat-alat penyeduhnya? Jika berhasil menjadi home brewer, jangan lupa untuk berbagi resep ciri khasmu kepada orang terdekat ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Dec 14, 2021

Jadi Bintang Bulan ini, Starbucks Plant Based Keluarkan Menu Oatmilk


Jakarta, Retinad.com – Setiap bidang usaha tentunya selalu mencari peluang...

Lifestyle Sep 08, 2021

Langkah Ramah Lingkungan dari IKEA Indonesia: Menghadirkan Menu Plant Based


Jakarta, Retinad.com – Salah satu hal baik yang terbentuk selama...

Lifestyle Apr 08, 2022

5 Rekomendasi Film Pendek yang Dapat Menemanimu Ngabuburit


Jakarta, Retinad.com – Ngabuburit merupakan salah satu kebiasaan yang hanya...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.