Lifestyle Sep 24, 2021

Tingkatkan Karir dengan Mengasah Soft Skill: Ini Juga Penting, Lho!

Jakarta, Retinad.com – Di era yang serba maju ini, soft skill dianggap sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pekerja, hal ini penting untuk dimiliki karena pemahaman secara akademis dan keterampilan sudah tidak lagi cukup.

Tingkatkan Karir dengan Mengasah Soft Skill: Ini Juga Penting, Lho!

Melihat fenomena ini, mulai dari sekarang sepertinya kamu sudah harus melatih soft skill yang dimiliki. Karena Soft skill juga menjadi hal penting agar dapat bersaing di dalam bekerja. Agar soft skill dapat terasah dengan baik, ada baiknya untukmu mengerti terlebih dahulu mengenai soft skill lalu mengasahnya dengan baik. Agar berkembang dengan baik, pastikan kamu membacanya sampai habis ya!

Memahami yang Dimaksud dengan Soft Skill

Soft skill merupakan kemampuan non-teknis yang dimiliki seseorang dan telah terbentuk secara alami berdasarkan lingkungan sekitar, pendidikan, dan juga pergaulan. Soft skill hampir sama seperti bakat – sehingga bisa dipelajari lebih dalam dan dikembangkan seiring waktu berjalan agar terasah.

Berbeda dengan hard skillsoft skill memiliki sifat yang cenderung abstrak, sehingga tidak bisa dipukul rata untuk setiap orang. Contoh paling umum dalam soft skill adalah kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja atau tempat tinggal.

Agar soft skill-mu dapat terasah dengan baik, coba perhatikan tips-tips di bawah ini deh!

Coba Ikut Kursus Sesuai Bidang

Soft skill memang bukan keterampilan yang bisa diasah secara belajar di bidang akademis selayaknya ilmu mutlak pada umumnya. Namun untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kursus yang sesuai dengan bidang yang diminati, lho!

Belajar tidak hanya dilakukan di tempat formal, kamu juga bisa belajar di tempat lain, seperti program kursus. Jika memiliki ketertarikan dan ingin berkarier dalam berbicara di tempat umum, kamu bisa mengikuti kursus pelatihan public speaking yang menyiapkan materi di bidang tersebut. Sehingga dapat membantumu mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk berbicara secara fasih di tempat umum.

Aktif dalam Organisasi

Untuk mengembangkan soft skill, kamu bisa melakukan hal sederhana untuk membuatnya terasah. Salah satunya dengan aktif berorganisasi. Karena berorganisasi akan membantumu pengembangan diri melalui potensi yang dimiliki.

Ketika berorganisasi, seorang individu akan dituntut mengembangkan potensi yang dimiliki melalui kegiatan yang ada. Dengan memberikan gagasan baru, mengungkapkan pendapat saat diskusi dalam forum, dan hal-hal lainnya yang membuatmu bekerja menggunakan potensi yang dimiliki.

Memperluas Peluang dengan Magang

Sebelum bekerja, banyak orang yang mencoba untuk magang sebelum terjun di dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan magang, kamu bisa melatih soft skill, karena membuatmu secara tidak langsung melihat realita dunia kerja sebelum akhirnya benar-benar mulai bekerja.

Peluang yang didapatkan ketika magang didapatkan agar pengalaman yang dirasakan dapat bermanfaat, karena akan melatih skill berkomunikasi karena bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda dan juga berbagi ilmu.

Magang juga melatihmu untuk lebih bertanggung jawab dan juga beradaptasi pada lingkungan yang cepat. Selain hal yang diutarakan di atas, ada banyak soft skill yang bisa dikembangkan dari pengalaman magang. Jika ada kesempatan untuk magang, lebih baik segeralah ambil peluang tersebut.

Dari pengertian serta cara untuk mengembangkan soft skill ini, tidak ada alasan lagi untukmu tidak mengembangkannya. Untuk itu, kenali potensi dalam diri dan mencoba untuk mulai berlatih agar soft skill-mu dapat terbentuk ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 04, 2021

Mengenal Food Photography, Hobi jadi Profesi yang Menyenangkan!


Jakarta, Retinad.com – Ketika scrolling sosial media, pasti seringkali postingan...

Lifestyle Dec 14, 2021

Jadi Bintang Bulan ini, Starbucks Plant Based Keluarkan Menu Oatmilk


Jakarta, Retinad.com – Setiap bidang usaha tentunya selalu mencari peluang...

Lifestyle Mar 18, 2022

Ingin Weekend Lebih Tenang? 5 Cara Ini dapat Mewujudkan Work Life Balance, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Banyak orang yang merasa dua hari libur...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.