Lifestyle Sep 19, 2021

Tips Bijak Mengatur Keuangan dengan Teknik Kakeibo

Jakarta, Retinad.com – Salah satu hal positif yang tumbuh akibat pandemi Covid-19 ini adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki uang simpanan atau tabungan. Namun, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk menyisihkan sebagian uangnya karena memiliki kebiasaan konsumtif.

Jika kamu adalah orang yang selama ini masih merasa kesulitan menyisihkan uang untuk menabung, coba berkenalan dengan teknik Kakeibo dari Jepang. Sebagai salah satu negara yang terkenal dengan kerja keras yang tak kenal waktu, masyarakatnya terbiasa untuk tidak menerapkan pola hidup konsumtif  dan menabung yang baik.

Tips Bijak Mengatur Keuangan dengan Teknik Kakeibo

Sebelumnya – apakah kamu sudah pernah mendengar tentang teknik ini? Jika belum, itu artinya kamu harus membaca dan memahami artikel ini sampai habis agar menjadi pribadi yang tidak konsumtif. Pastikan untuk membacanya sampai habis ya!

Mengatur Uang ala Kakeibo: Membuat Rincian Menjadi 4 Bagian

Untuk menerapkan teknik Kakeibo, setiap awal bulannya kamu dapat membuat catatan tertulis terkait rincian pengeluaran tetap selama sebulan. Lalu, kamu dapat membuat rinciannya menjadi empat bagian.

Yang pertama kamu dapat membaginya dalam bagian Survival, yaitu bagian yang meliputi pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makanan, transportasi dan obat-obatan. Selanjutnya adalah Optional, yaitu turunan dari bagian kebutuhan pokok seperti uang jajan, makan diluar dan belanja dan lain-lain. Lalu ada bagian culture, bagian ini termasuk ke pengeluaran mu untuk menambah wawasan seperti buku, film, majalah dan lainnya. Dan yang terakhir adalah Extra – yaitu pengeluaran tambahan diluar kebutuhan pribadi seperti kado pernikahan, perbaikan rumah dan lainnya yang tidak terduga.

Membagi Bagian ke Dalam Amplop yang Berbeda

Saat awal bulan sudah mulai mendapatkan uangnya, kamu dapat menyiapkan budget dari masing-masing pengeluaran. Lalu kamu menyiapkan amplop untuk menampung uang yang sesuai dengan rencana pengeluaran.

Pasti kamu merasa sangat kuno – karena dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini dan dapat dengan mudahnya melakukan budget menggunakan aplikasi. Tetapi cara ini memang masih efektif digunakan dan dapat mengontrol keuangan dengan baik, lho!

Periksa Ulang Pengeluaranmu

Setelah membagi dalam beberapa amplop, kamu juga wajib mencatat setiap pengeluaran – agar di akhir bulan kamu dapat memeriksa kembali seberapa besar uang yang sudah di keluarkan. Dengan begitu, dapat mengetahui kemana uang yang digunakan untuk makan, liburan, kesehatan dan lainnya.

Meski nampak sederhana, cara cukup ampuh untuk menjadi evaluasimu agar lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Cara ini dapat menghindarimu dari sifat boros dan konsumtif. Cek pos pengeluaran mana saja yang sesuai dan tidak sesuai dengan rencana awal – lalu membagi dalam beberapa bagian.

Kunci dari teknik ini adalah bagaimana kita dapat rajin dan konsisten dalam mencatat pengeluaran setiap harinya dan kamu akan merasakan manfaatnya sendiri. Bagaimana, apakah kamu sudah paham mengenai teknik dari Jepang ini? Jika sudah paham, segera terapkan teknik ini ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jan 08, 2022

Ramah Lingkungan, Deretan Sustainable Fashion Ini Bisa Menjadi Inspirasi


Jakarta, Retinad.com – Banyak orang yang membuat resolusi di tahun...

Lifestyle Oct 28, 2022

Bukan Genre Horror, Tapi 5 Film ini Bikin Kamu Tegang pas Nonton pas Halloween!


Jakarta, Retinad.com – Bulan Oktober merupakan bulan yang identik dengan...

Lifestyle Dec 19, 2021

Sensasi Berlibur ke Korea lewat Virtual Tour


Jakarta, Retinad.com – Pariwisata memang menjadi salah satu sektor yang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.