Lifestyle Sep 11, 2021

Tips Membangun Smart Home: Dapat Mengantisipasti Covid-19, Lho!

Jakarta, Retinad.com – Virus Covid-19 memang tidak mengenal siapapun untuk diserang – penularannya dengan varial Delta yang semakin masif membuat kita semakin antisipasi dalam pencegahannya. Untuk itu, keadaan rumah juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mengefektifkan pencahayaan dalam rumah dan juga memanfaatkan teknologi smart home.

Tips Membangun Smart Home: Dapat Mengantisipasti Covid-19, Lho!

Smart home memang masih menjadi rumah idaman yang banyak diminati. Selain karena kemudahannya, smart home juga menjadi salah satu langkah untuk pecegahan Covid-19, lho! Agar dapat membangun smart home yang baik dan ideal, lebih baik perhatikan tips selengkapnya di bawah ini deh!

Bangun Smart Home dengan Pencegahan Covid-19

Smart home merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah rumah yang menggunakan dan memanfaatkan sistem pengoperasikan secara otomatisasi. Sistem smart home ini berkembang pesat saat teknologi dan elektronik bertemu, sehingga pemanfaatan teknologi ini mencakup berbagai macam aspek dalam rumah sehingga rumah dapat lebih efisien.

Pemanfaatan teknologi dalam smart home di masa pandemi dapat menjadi hal yang memudahkan untuk mensterilkan rumah dari bakteri dan virus yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkannya untuk pencahayaan dan juga sirkulasi udara. Kedua hal ini sangat penting – karena akan membuat udara di rumah menjadi lebih bersih dan sehat, salah satunya dengan memanfaatkan HVAC.

Smart home dengan HVAC

Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar istilah HVAC? HVAC merupakan singgkatan dari Heating Ventilation Air Conditioning yang merupakan sistem pemanas, ventilasi, dan juga pendingin yang menjadi integral dari bangunan modern saat ini.

Sistem HVAC bertugas menjaga suhu nyaman, menjaga kelembaban, kecepatan udara, serta kualitas udara yang ada di dalam sebuah ruangan atau rumah dengan smart home. Pemanfaatan smart home pada sistem ini akan memiliki 3 fungsi, yaitu pendingin, pemanas, dan juga ventilasi.

Untuk fungsi pendingin, HVAC akan berfungsi pendingin udara selayaknya AC pada umumnya. Namun, dengan fitur teknologi smart home yang sudah dimiliki – pendingin dengan HVAC ini akan mengalirkan udara melalui sistem pendingin, sehingga akan menghilangkan kelembaban udara yang berlebih.

Fungsi pemanas pada HVAC sendiri akan bekerja untuk melewati sistem yang akan memanaskan udara dengan air, gulungan radiator, ataupun gas. Uniknya, dengan keunggulan teknologi smart home – sistem pemanas ini hanya akan bekerja jika udara dirasa terlalu dingin di bawah suhu yang sudah diatur.

Sedangkan fungsi paling penting dari HVAC – yaitu ventilasi, adalah untuk menjaga udara tetap bersih dengan mengalirkan udara melalui kipas dan juga sistem filtrasi tanpa harus membuatmu membuka jendela atau pintu secara lebar yang membuat udara dari luar kembali masuk ke dalam ruangan.

Membangun smart home tentunya akan memerlukan koneksi internet yang cukup kencang untuk memaksimalkan kinerja dari teknologi yang digunakan. Jika hunian ataupun kantormu sudah menerapkan smart home, baiknya kamu juga menggunakan Wi-Fi dengan koneksi prima seperti Retinad – yang mampu membuat kinerja smart home mu semakin kencang dan berfungsi dengan baik.

Selain mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksikansi, untuk mengantisipasi Covid-19 di rumah, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang secara tidak langsung juga akan membuat hunianmu semakin keren dengan smart home. (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jul 29, 2022

Kehabisan Ide di Akhir Pekan? Ini 5 Kebiasaan yang Membuatmu Raih Kesuksesan!


Jakarta, Retinad.com – Menjalani serangkaian aktivitas selama satu pekan penuh...

Lifestyle Jan 03, 2022

Diprediksi jadi Tren, Kenali 6 Dekorasi Unik di 2022!


Jakarta, Retinad.com – Setiap pergantian tahun, tentunya kamu memiliki resolusi...

Lifestyle Mar 27, 2020

Sudah Mulai Bosan di Rumah? Coba 4 Aktivitas Ini agar Bisa Kembali Ceria!


Buatlah diri kamu seceria mungkin agar jauh dari kebosanan di...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.