Digital Marketing Sep 27, 2021

Tips Social Media Optimization dengan 4 Langkah Ini: Dijamin Maksimal!

Jakarta, Retinad.com – Pertumbuhan sosial media sebagai platform yang paling banyak diminati dan digunakan. Hal ini sangat mampu mempermudah para pelaku bisnis untuk memanfaatkannya dalam menjangkau pasar yang lebih luas.  Bukan saja menjangkau pasar luas dalam negeri – bahkan banyak bisnis yang telah berekspansi hingga ke luar negeri.

Bukan tanpa alasan – bisnis-bisnis tersebut tentunya telah memanfaatkan sosial medianya secara optimal hingga dapat memperluas pasar bisnisnya. Penerapan digital marketing yang tepat juga akan membuat target marketing menjadi tepat sasaran.

Tips Social Media Optimization dengan 4 Langkah Ini: Dijamin Maksimal!

Jika kamu masih dalam fase berusaha untuk mengoptimalkan bisnis di sosial media, maka saat ini kamu berada di halaman yang tepat – karena 4 langkah untuk memaksimalkan pasar di media sosial dengan social media optimization dapat kamu temukan di bawah ini!

Menentukan Platform dan Merencanakannya

Dengan memanfaatkan sosial media, tentunya kamu dapat terhubung dengan pelanggan dan membangun interaksi dan di saat yang sama juga dapat sekaligus memperkenalkan produk, jasa, juga brand yang dimiliki. Untuk itu, kamu perlu merencanakan konten untuk bisa menjangkau target audiens sesuai yang telah direncanakan dan diinginkan.

Namun sebelum membuat konten, kamu perlu memilih platform sosial media yang ingin digunakan – dan tentunya sesuai dengan tujuan pemasaran bisnismu. Hal ini perlu ditetapkan karena platform yang dipilih juga harus sesuai dengan user intent audiensmu. Untuk itu, kamu harus memiliki data mengenai aktivitas pengguna dari setiap platform dan bagaimana konten yang akan dibuat mampu menjangkau mereka. 

Mengenali Audiens

Salah satu alasan memanfaatkan sosial media untuk bisnis adalah kamu dapat meraih micro-target audiens yang dimiliki. Tetapi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu siapa audiens bisnismu.

Kamu perlu melakukan analisis mengenai data audiens, lalu lakukan kompilasi audiens antara satu platform dengan platform lainnya. Lalu kamu dapat melihat – sosial media mana yang berhasil menjaring lebih banyak audiens yang menjadi pelangganmu. Fokuslah pada sosial media tersebut dan kembangkan konten dan promosi melalui platform tersebut.

Bangun Ikatan dengan Audiens

Hubungan baik akan memungkinkan promosi yang dilakukan akan lebih masif. Karena hubungan baik dengan konsumen akan mendapatkan respon dalam bentuk transaksi pembelian. Ketika pelanggan hendak membeli sebuah produk, pasti pelanggan akan mencari informasi terlebih dahulu. Rekomendasi yang didapatkan itulah yang kemudian meyakinkannya untuk membeli produk.

Hubungan yang solid dengan pelanggan memungkinkan mereka untuk merekomendasikan produk, jasa, atau brand kepada teman-teman serta kerabat dekat tanpa perlu diminta. Cara membangun hubungan dapat dilakukan dengan membuat konten-konten organik dengan storytelling yang tepat. Menyajikan konten yang menarik dan relateable dengan kehidupan sehari-hari adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong audiens ikut berinteraksi dengan konten sosial media.

Buat Visual Menarik

Konten visual yang kuat di sosial media dapat menarik audiens untuk mengikuti, menyukai, memberikan komentar, atau bahkan membeli produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnismu. Setiap bisnis dapat menceritakan kisahnya melalui foto dan video yang disajikan pada sosial media. Untuk memaksimalkannya, kamu juga dapat menggunakan foto yang diberikan oleh pelanggan untuk menyoroti bagaimana mereka menggunakan layanan atau produk bisnismu.

Untuk memaksimalkan bisnis, kamu juga dapat menggunakan iklan yang ditawarkan oleh RETINAD, lho! Dengan fitur iklan dan survey yang disediakan oleh RETINAD, kamu akan dengan mudah mendapatkan objektif dari pelanggan yang dinginkan dan juga dapat memperluas pasar bisnismu.

Setelah membaca artikel ini, kamu sudah paham sedikit tentang social media optimization, bukan? Jika sudah memahami, coba lakukan 4 langkah ini dengan tepat ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Feb 11, 2022

Viewers Masih Kurang? Ini Tips Agar Videomu Masuk FYP TikTok!


Jakarta, Retinad.com – TikTok menjadi salah satu sosial media yang...

Digital Marketing Sep 06, 2022

Buat Daya Tarik lebih Menarik dengan Visual Branding


Jakarta, Retinad.com – Menerapkan digital marketing pada sebuah bisnis memang...

Digital Marketing Aug 23, 2022

Sudah Tahu tentang Business Plan? Penting untuk Kamu yang Mau Buka Bisnis!


Jakarta, Retinad.com – Memulai suatu bisnis bukanlah hal yang mudah....

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.