Digital Marketing Jan 16, 2022

Funnel Marketing: Cara Unik Strategi Pemasaran Agar Lebih Maksimal

Jakarta, Retinad.com – Sebagai pelaku bisnis, banyak hal yang harus dipikirkan agar produk dapat dikenal dan dipasarkan dengan baik. Strategi marketing memiliki peran yang sangat penting agar produk dapat terjual dengan baik. Salah satu strategi marketing yang tidak boleh terlewatkan adalah funnel marketing.

Funnel Marketing: Cara Unik Strategi Pemasaran Agar Lebih Maksimal

Secara harfiah, funnel marketing adalah corong yang menggiring proses penjualan agar lebih terfokuskan. Untuk lebih jelasnya, cobalah simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Funnel Marketing dalam Bisnis

Funnel Marketing merupakan jalur atau tahapan bagi seseorang yang tidak memiliki pengetahuan lebih dalam mengenai seluk-beluk dunia bisnis, marketing, serta produknya. Kemudian, orang tersebut mulai mengenal kesadaran akan produknya dan menjadi seorang konsumen.

Konsep ini disebut funnel karena di tahapan tersebut akan ada jumlah massa yang banyak melakukan hal ini. Lambat laun hingga tahapan akhir, jumlahnya menjadi berkurang dan hanya sebagian orang saja. Merekalah yang menjadi konsumen dan berhasil masuk ke dalam corong tersebut.

Bagian pada Funnel Marketing

Dalam buku yang ditulis Yanuar Aris Budiarto dan Alfian Faiz yang berjudul Kurikulum Facebook Bisnis, secara sederhana funnel marketing terdapat empat bagian yang akan dicapai dalam ini.

Empat konsep tersebut terdiri dari Traffic – yaitu bagian di mana akan banyak orang yang mengenal produk. Lalu, Leads – yaitu tahapan ketika banyak orang yang berminat pada produk. Selanjutnya adalah Buyer – yaitu banyak orang membeli produk. Kemudian yang terakhir adalah Reseller – yaitu  tahapan di mana akan banyak orang yang ikut menjual produk.

Tahapan dalam Funnel Marketing

Penjualan dalam funnel marketing pun akan terbagi kembali menjadi tiga bagian, yaitu Funnel atas, tengah, dan bawah. Funnel atas sendiri merupakan bagian yang membuat pelaku bisnis mengumpulkan prospek mengenai calon pembeli dan mengumpulkan data tersebut untuk membuat calon pembeli mejadi pembeli.

Dalam funnel tengah, seorang pelaku bisnis akan mengubah calon pembeli menjadi pembeli dengan mendapatkan transaksi pertama. Sedangkan untuk funnel bawah, ada strategi pemasaran yang dikuatkan oleh pelaku bisnis untuk konsumen agar dapat melakukan pembelian kembali.

Strategi funnel marketing sangat penting untuk dikembangkan oleh seorang pelaku bisnis. Namun, dalam menerapkan marketing kamu juga perlu mengenal konsumenmu terlebih dahulu. RETINAD siap untuk membantumu mengenal konsumen lebih dekat, lho!

Kamu dapat bekerjasama dengan RETINAD melalui survey yang akan diberikan kepada konsumenmu. Yuk, segera kenal konsumenmu dengan jadikan RETINAD sebagai rekan kerjamu! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Oct 27, 2021

Mengoptimalkan Konten Marketing dengan 4 Cara Paling Relevan


Jakarta, Retinad.com – Optimalisasi konten marketing memang menjadi hal yang...

Digital Marketing Nov 14, 2022

Demi Kelancaran Marketing, Simak 5 Formula Copywriting Ini!


Jakarta, Retinad.com – Ketika menjalankan marketing pada bisnis, copywriting memiliki...

Digital Marketing Mar 10, 2022

Jangan Sampai Jenuh, Ini 3 Solusi untuk Mengindari Ads Fatigue pada Audiens!


Jakarta, Retinad.com – Beriklan merupakan salah satu strategi marketing atau...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.