Lifestyle Jan 12, 2022

Ingin Lebih Produktif? Yuk, Coba Bikin Podcast di Spotify dengan Cara Ini!

Jakarta, Retinad.com – Spotify menjadi salah satu aplikasi yang sering diakses dan menjadi aplikasi sejuta umat untuk mendengarkan musik. Selain musik, di Spotify juga tersedia segudang podcast yang dapat dinikmati. Mulai dari podcast inspirasional, humor, horor, bahkan astrologi.

Ingin Lebih Produktif? Yuk, Coba Bikin Podcast di Spotify dengan Cara Ini!

Maraknya podcast membuat para pendengarnya menjadi ikut tertarik untuk membuat karyanya sendiri. Selain video, podcast juga menjadi salah satu konten digital yang digandrungi oleh sebagian besar orang yang baru ingin memulai berkarya. Di luar negeri, tren podcast sudah ada sejak lama.

Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak orang yang mengenal podcast. Jika kamu senang mendengarkannya, kenapa tidak mencoba untuk membuat podcast di Spotify sendiri? Karena caranya cukup mudah, lho

Yuk, langsung saja simak cara membuat podcast di Spotify yang cukup mudah ini!

#1 – Menentukan Topik

Langkah pertama yang dapat dilakukan saat ingin membuat podcast adalah menentukan topik yang akan dibahas dan dibicarakan. Berbagai macam topik di Spotify dapat dipilih untuk menjadi bahasan menarik di podcast, asalkan kamu bisa membawa pembicaraan tersebut menjadi hal yang menarik.

Sebaiknya, topik yang dipilih seputaran dengan hal yang memang disukai dan belum banyak dibahas di internet. Dengan mengandalkan kedua hal ini, kamu akan lebih mudah membuat podcast dengan pembahasan yang sudah dikuasai, sehingga akan lebih mudah juga untuk mengembangkannya.

#2 – Menyiapkan Narasi Podcast

Sebelum mulai merekam, pastikan topik yang dipilih sudah dapat dipikirkan dengan matang di luar kepala. Ketika sudah merasa dapat mengembangkan, kamu dapat membuat blueprint podcast berupa narasi. Narasi akan berguna untuk memandumu selama rekaman podcast.

Narasi dapat dibuat dengan menyusun poin yang akan di bahas dalam podcast. Pastikan ketika menggunakan narasi, kamu tetap terdengar seperti berbicara dan bukan membaca, ya!

#3 – Merekam Podcast

Inti dari pembuatan podcast merupakan rekamannya sendiri. Untuk mempermudah proses rekaman, kamu dapat menggunakan software Audacity, yang bisa di download secara gratis di sistem Windows maupun macOS.

Kamu dapat memulainya dengan menghubungkan mikrofon USB dengan komputer, lalu pastikan sudah terkoneksi dengan Audacity. Untuk merekamnya, silahkan klik logo mikrofon dan mulai berbicara dengan narasi yang sudah disiapkan. Mulai rekaman dengan menggunakan narasi yang sudah disiapkan.

Setelah selesai merekam, coba dengarkan kembali hasil rekamanmu sebelum di edit. Editlah hasil rekaman tersebut dengan menyesuaikannya sesuai bagian-bagian yang telah disusun. Gunakan format SO/IEC 11172-3 MPEG-1 dengan bitrates antara 96 sampai 320 kbps. Simpan hasil rekamanmu dalam format MP3 dan ukuran file tidak melebihi 200MB.

#4 – Menentukan Judul dan Cover Image

Setelah mengedit, berikan nama pada file sesuai dengan judul yang sesuai dengan rekaman tersebut. Setelah itu, pilihlah gambar untuk dijadikan cover image yang akan diposting pada platform podcastmu kelak. 

Gunakanlah gambar tanpa copyright yang bisa didapatkan dengan mudah di internet. Buatlah gambar dengan menarik dan juga yang mudah dibaca. Pastikan format gambar yang digunakan untuk cover image adalah rasio square (1:1) dan pilihlah kualitas resolusi paling tinggi atau minimum – yaitu 1400×1400 pixels.

#5 – Tentukan Platform 

Tahap akhir dalam pembuatan podcast adalah penentuan platform yang digunakan untuk memposting. Kamu bisa memilih untuk menggunakan SoundClound, iTunes, dan tentunya Spotify. Spotify terbukti menjadi platform yang banyak digunakan para pendengar setia Spotify. Selain itu, Spotify juga menjadi platform musik yang memiliki ekslusif podcast-nya sendiri.

Untuk mengunggah podcast di Spotify, simak cara berikut:

  • Bukalah halaman Spotify for Podcaster.
  • Masuk dengan akun Spotify yang dimiliki.
  • Pilih menu ‘Get Started’ pada laman ‘Submit your podcast’.
  • Centang kotak yang ada pada laman ‘Terms and Conditions’, lalu klik ‘Continue’. 
  • Masukan link RSS feed pada kotak yang disediakan.
  • Judul dan cover image podcast-mu akan otomatis muncul di kotak yang berada di kanan. Klik ‘Next’.
  • Pada bagian ‘Add podcast info’, jangan lupa lengkapi informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, lalu tekan ‘Next’.
  • Review kembali detail podcast, lalu pilih ‘Submit’.

Setelah itu, podcast  akan di-review oleh tim Spotify dalam beberapa hari sebelum mendapat persetujuan dan bisa muncul di Spotify. Namun, terkadang hanya memakan waktu beberapa jam saja.

Ternyata membuat podcast di Spotify cukup mudah, bukan? Jika sudah berhasil muncul, jangan lupa bagikannya ke akun sosial media ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Sep 22, 2021

Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Tipis? Coba 4 Usaha Ini Deh!


Jakarta, Retinad.com – Menambah sumber pendapatan menjadi salah satu hal...

Lifestyle Dec 21, 2021

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Memiliki Packaging Kopi yang Menarik


Jakarta, Retinad.com – Banyak orang yang menilai segala sesuatu dari...

Lifestyle Nov 12, 2021

Agar Lambung Aman, Kenali 3 Jenis Kopi Sehat di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Meminum kopi memang jadi sebuah kebiasaan yang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.