Customer Loyalty Feb 07, 2022

Agar dapat Berkembang, Ini Cara Efektif Membangun Kepuasan Pelaggan

Jakarta, Retinad.com – Bagi pebisnis, kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama. Namun, tidak banyak para pelaku bisnis mengetahui bagaimana caranya membangun kepercayaan serta membuat pelanggan puas pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Agar dapat Berkembang, Ini Cara Efektif Membangun Kepuasan Pelaggan

Hal tersebut dapat dilakukan dengan memerhatikan segala aspek untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Agar tidak bingung, simaklah cara di bawah ini dengan seksama!

Memberikan Penawaran Menarik

Kepuasan pelanggan akan tercipta jika kamu memberikan penawaran terbaik kepada mereka. Cara untuk membuat penawaran menarik adalah membuat produk terbaik dengan iklan yang juga menarik, seperti produk limited edition.

Selain itu, berikanlah bonus kecil pada pelanggan setia. Seperti memberikan free sample produk, stiker, atau memberikon diskon dan promosi jika kamu memiliki loyalty program. Kejutan dan penawaran kecil ini dapat membuat kepuasan pelanggan tercipta.

Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk yang ditawarkan merupakan hal yang utama untuk membangun kepuasan pelanggan. Jika menawarkan produk dengan kualitas baik, maka konsumen pun akan mempertahankan untuk menggunakan produkmu.

Menerapkan Nilai Kejujuran

Nilai kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam segala macam aspek, tidak terkecuali dalam dunia bisnis. Jika kamu menawarkan produk yang tidak sesuai dengan hasilnya, maka pelanggan akan merasa dibohongi. Alhasil, secara perlahan pelanggan akan meninggalkan produkmu dan beralih kepada yang lainnya. 

Jika konsumen beralih, maka hal itu akan berdampak pula pada penurunan penjualan produk dan keuntungan. Cara membangun kepuasan pelanggan seperti ini memang terlihat sederhana, naumun jika disadari lebih mendalam dampaknya pun akan terlihat sangat besar. 

Menyikapi Keluhan dengan Ramah

Tidak akan ada produk yang menjadi lebih baik bila tidak mendapatkan kritik dan saran. Kritik merupakan hal yang wajar yang terjadi – karena dari kritik juga, produkmu dapat berkembang menjadi lebih baik. 

Jika pelanggan mengutarakan keluhan, sebaiknya kamu sebagai pebisnis jangan mudah tersulut emosi. Dengarkanlah keluhan dengan baik, tetap bersikap ramah, dan berikan solusi terbaik pada pelanggan tersebut. Jangan hanya memberikan janji, namun juga berikan permintaan maaf dan jadikan hal ini sebagai bahan evaluasi. Kamu juga dapat memberikan voucher potongan harga atau hadiah kecil sebagai ucapan permintaan maaf.

Apakah sejauh ini kamu sudah menjalankan keempat hal di atas untuk mendatangkan kepuasan pelanggan? Jika belum, yuk, segera lakukan hal tersebut – agar konsumen tidak lagi berpaling ke produk lain.

Untuk membangun kepuasan pelanggan, kamu juga dapat memanfaatkan RETINAD untuk menyebarkan survei pelanggan, lho! Segera hubungi kontak di bawah jika kamu ingin bekerjasama dengan RETINAD, ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Customer Loyalty Mar 04, 2022

3 Tips dari Google in Search 2021 yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Konsumen!


Jakarta, Retinad.com – Google menjadi search engine yang paling banyak...

Customer Loyalty Mar 20, 2020

Tips Naikkan Jumlah Pengunjung Kafe, Salah Satunya Berlangganan Wifi Cepat


Bisnis kuliner dianggap cukup menjanjikan bagi banyak orang saat ini....

Customer Loyalty Jul 13, 2022

Pandemi Berangsur Berakhir, Tetap Jaga Loyalitas Konsumen dengan Cara Ini!


Jakarta, Retinad.com – Pandemi yang berlangsung semenjak 2019 telah perlahan...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.