Customer Loyalty Mar 04, 2022

3 Tips dari Google in Search 2021 yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Konsumen!

Jakarta, Retinad.com – Google menjadi search engine yang paling banyak digunakan hampir seluruh masyarakat dunia. Tidak heran jika Google ingin selalu memperbaiki performanya untuk membuat penggunanya lebih mudah menggunakan.

 

3 Tips dari Google in Search 2021 yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Konsumen!

Google telah merilis laporan Year in Search 2021: Look Back to Move Your Business Forward. Laporan ini memberikan gambaran mengenai pergeseran perilaku konsumen di Indonesia. Google menyebutkan, bahwa saat ini masyarakat Indonesia ingin brand lebih memahami kebutuhan tersebut.

Agar dapat lebih mengerti target audiensmu, cobalah beradaptasi agar menciptakan loyalitas konsumen lewat 3 saran Google yang diambil dari brand ternama di bawah ini!

Meningkatkan Performa Strategi

Google mengatakan, terdapat lima langkah yang dapat diambil oleh sebuah brand untuk meningkatkan strategi digital marketingnya. Lima cara tersebut ternyata sudah bersinggungan dengan apa yang dijalankan oleh bisnis saat ini, hanya saja perlu mengembangan lebih lanjut.

Yang pertama adalah kamu harus menjadikan digital sebagai bagian inti dari strategi pemasaran bisnismu, yang artinya kamu sudah harus digital oriented. Yang kedua, kamu dapat mengevaluasi kembali konsumen yang telah melakukan pembelian – seperti menanyakan pendapat, kritik dan saran, skala kepuasan, dan lain-lain.

Yang ketiga ini masih berhubungan dengan yang pertama, yaitu memanfaatkan digital. Namun dalam hal ini, kamu harus memanfaatkan digital untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Yang keempat adalah menjadikan trust dan loyalty menjadi daya tarik utama bisnismu. Yang terakhir, kamu harus memperjuangkan sesuatu yang lebih besar daripada protfit penjualan itu sendiri. Jika kamu memperjuangkan yang terakhir, kamu dapat mendapatkan profit secara langsung.

Mencontoh Komitmen yang Dimiliki Garnier

Pada laporannya, Google mencontohkan Garnier sebagai brand yang telah berhasil memberikan dampak digital pada konsumennya dengan baik. Pandu Brodjonegoro – selaku GM Brand dari Garnier Indonesia, mengungkapkan bahwa Garnier terus menambah pilihan produknya sesuai dengan keinginan pasar.

Garnier sejauh ini telah membuat komitmen Green Beauty – produk yang diformulasi dengan vegan, mendapat persetujuan cruelty free international, dan menciptakan kemasan ramah lingkungan. Dengan cara ini, para konsumen Garnier tidak ragu untuk menggunakan produknya dan menjadi pelanggan yang loyal.

Hal ini juga sejalan dengan laporan Google yang mengungkapkan minat produk dan gerakan yang membuat brand menjadi lebih besar. Sehingga penjualan pun akan semakin meningkat. Lebih pentingnya, konsumen menjadi loyal terhadap brand tersebut.

Inovasi Hyundai yang Memukau

Selain Garnier, Google juga menambahkan Hyundai sebagai brand yang berhasil beradaptasi di 2021 lalu. Hyundai terus melakukan inovasi dan transisi, salah satunya membuat mobil listrik yang ramah lingkungan di Indonesia.

Di tengah pesatnya perkembangan industri otomotif, teknologi, dan juga informasi, masyarakat membutuhkan produk yang ramah bagi mereka. Dalam artian, masyarakat akan memilih produk yang sesuai dengan nilai yang dianut dalam dirinya.

Melihat dari tren yang berkembang, sepertinya masyarakat akan menyukai produk yang lebih ramah lingkungan. Apakah bisnismu dapat bertransisi atau berinovasi dengan tren ini? Hal tersebut tentunya perlu diketahui melalui survey pelanggan.

Jika kamu masih kesulitan untuk mengenal konsumenmu, RETINAD dapat membantumu untuk lebih mengenal mereka, lho! RETINAD akan menyediakan survey produk atau brand sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Langsung saja hubungi kontak di akhir laman ini untuk lebih lanjutnya. (PRIL/RETINAD) 


Categories

RELATED ARTICLES

Customer Loyalty Jul 13, 2022

Pandemi Berangsur Berakhir, Tetap Jaga Loyalitas Konsumen dengan Cara Ini!


Jakarta, Retinad.com – Pandemi yang berlangsung semenjak 2019 telah perlahan...

Customer Loyalty Mar 20, 2020

Tips Naikkan Jumlah Pengunjung Kafe, Salah Satunya Berlangganan Wifi Cepat


Bisnis kuliner dianggap cukup menjanjikan bagi banyak orang saat ini....

Customer Loyalty Apr 10, 2020

7 Model Branding untuk Gaet Hati Customer Lebih Mudah


Saat ini beragam perusahaan atau usaha bisnis menerapkan model branding...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.