Lifestyle Mar 18, 2022

Ingin Weekend Lebih Tenang? 5 Cara Ini dapat Mewujudkan Work Life Balance, Lho!

Jakarta, Retinad.com – Banyak orang yang merasa dua hari libur tidak cukup untuk beristirahat. Jika dipikirkan, memang tidak ada waktu yang cukup untuk beristirahat. Namun, hal tersebut juga terjadi mungkin karena kamu tidak memiliki work life balance yang cukup baik.

Ingin Weekend Lebih Tenang? 5 Cara Ini dapat Mewujudkan Work Life Balance, Lho!

Keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dengan pekerjaan memang penting untuk diutamakan. Tidak jarang, orang merasakan hal ini merupakan hal yang mustahil. Bagaimana hal yang tepat untuk mewujudkan kedua hal ini? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

#1 – Mengurangi Sikap Perfeksionis dalam Diri

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk membuat work life balance adalah mengurangi sikap perfeksionis yang dimiliki. Sejatinya, menjadi seorang perfeksionis adalah hal yang baik, bahkan tidak merugikan siapapun – justru mendorongmu dapat bekerja lebih baik.

Namun sayangnya, perfeksionis seringkali menjadi hal yang over dan justru merugikan diri sendiri. Yang perlu diingat, kesalahan, kekurangan, serta ketidaksempurnaan adalah hal yang manusiawi. Apa yang telah dilakukan sepenuh hati dan dilakukan dengan baik sudah lebih dari cukup, kok!

#2 – Mengurangi Pemakaian Gadget 

Distraksi dari gadget saat bekerja memang sangat memperlambat waktu kerjamu. Namun selain pekerjaan, ternyata penggunaan gadget juga akan mempercepat waktu istirahatmu, lho! Ketika kamu selalu terhubung dengan internet dan berinteraksi secara terus menerus dengan gadget, akan mengurangi waktu yang dimiliki.

Alhasil, kamu tidak dapat meluangkan waktu untuk beristirahat setelah pulang dari kantor atau bahkan saat hari libur. Ditambah lagi dengan kebiasaan work from home, hal ini merupakan sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk mendapatkan work life balance yang lebih maksimal, kurangilah waktu dari pemakaian gadget-mu dan berfokus pada hal-hal lain di depan mata.

#3 – Aktif Berolahraga

Masih berkaitan dengan pemakaian gadget, ada baiknya kamu mencoba mendistraksi diri untuk tidak terus berada di depan layar dengan berolahraga. Selain cukup istirahat, kamu juga perlu untuk aktif berolahraga.

Olahraga dapat membangkitkan semangat positif dan meningkatkan produktivitas diri. Tidak perlu melakukan hal yang berat, paling tidak kamu dapat mengajak diri sendiri untuk bergerak kecil. Seperti jogging di pagi atau sore hari, bersepeda, meditasi, dan lain-lainnya.

#4 – Rutin Membersihkan Tempat Kerjamu

Kebersihan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi work life balance. Hal ini dikarenakan lingkungan bersih dapat menjaga kestabilan diri ketika bekerja. Sehingga kamu dapat bekerja dengan lebih santai, tenang, serta nyaman.

Dengan menjaga kebersihan dan bekerja dengan nyaman, kamu tidak lagi merasa terbebani dengan segudang pekerjaan yang menghantuimu, justru kamu akan lebih semangat dalam bekerja. Jadi untuk menikmati akhir pekan lebih nikmat dan menciptakan work life balance, cobalah untuk rutin membersihkan meja kerjamu ya!

#5 – Berani Berkata ‘Tidak’

Salah satu hal yang seringkali menjadi penghambat untuk menikmati akhir pekan adalah tetap bekerja meskipun di hari libur. Meskipun sebenarnya bukan tanggung jawabmu untuk bekerja di akhir pekan, namun kamu tetap mengerjakannya karena tidak enak dengan rekan sejawat. 

Walau tidak enak, kamu harus mulai belajar mengatakan ‘tidak’ pada pekerjaan yang datang di saat akhir pekan. Hal ini perlu dikatakan untuk menyeimbangkan kehidupan pribadimu dengan kehidupan kantor. Membantu memang hal yang mulia, namun harus pikirkan dirimu sendiri ya!

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah mewujudkan work life balance ini untuk berakhir pekan lebih tenang? Jika belum, segeralah untuk berubah dan menerapkan hal-hal ini ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 28, 2021

Biennale Jakarta 2021: Destinasi Wisata Weekend untuk Kamu Pecinta Seni!


Jakarta, Retinad.com – Sudah memasuki tanggal tua, pastinya kamu sudah...

Lifestyle Jul 08, 2022

Kembali Diberlakukan, Ini Aturan Car Free Day yang Harus Dilakukan dan Dihindari


Jakarta, Retinad.com – Secara perlahan, pandemi berangsur berakhir. Salah satu...

Lifestyle Apr 09, 2020

5 Kopi di Asia Tenggara yang Sering Menjadi Pilihan Favorit!


Ternyata ada beberapa pilihan kopi di Asia Tenggara yang menyimpan...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.