Digital Marketing Jun 17, 2022

Brand Positioning: Strategi Marketing untuk Memperkuat Bisnismu

Jakarta, Retinad.com – Sebagai seorang businesspreneur, kamu pasti ingin mengembangkan bisnismu seluas mmungkin. Brand positioning merupakan salah satu cara yang harus dilakukan agar merekmu dapat berkembang dengan baik.

 

Brand Positioning: Strategi Marketing untuk Memperkuat Bisnismu

Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa sebenarnya brand positioning serta mengetahui secara jelas untuk menerapkannya? Jika belum, simaklah artikel ini sampai habis!

Mengenal Brand Positioning

Secara singkatnya, brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat membantumu untuk membuat ruang khusus untuk membedakan produk yang dijual dengan produk yang ditawarkan oleh kompetitor. Brand positioning menempatkan merekmu lebih mudah dibandingkan merek kompetitor.

Fungsi dari brand positioning adalah agar konsumen lebih mudah mengenali produk serta perusahaan yang memasarkan produk tersebut. Strategi brand positioning akan memposisikan merekmu lebih unggup dari pesaing, serta dapat menempatkan diri di pasar yang sangat luas. Brand positioning juga dapat menciptakan image unik di benak konsumen dan dapat memaksimalkan konten sosial mediamu untuk promosi dan campaign. 

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Brand Positioning

Terdapat beberapa hal yang harus diketahui sebelum membangun brand postioning. Kamu harus memastikan bahwa produk yang dipasarkan memiliki nilai lebih, keunikan, serta keunggulan dari produk kompetitor. Kamu juga harus mengerti serta memahami konsumen yang akan ditawarkan, sehingga image yang terbentuk akan menjadi lebih baik dan dapat diterima serta diingat oleh konsumen.

Setiap bisnis harus memiliki sifat yang dinamis, karena kamu akan lebih fleksibel dan mudah menyesuaikan dengan pasar. Merek juga harus menempatkan posisinya dengan baik agar image yang tercipta dapat dipercaya oleh konsumen. Kamu harus mengenali kompetitor dari pasarmu juga, agar dapat menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki olehnya.

Strategi Menciptakan Brand Positioning

Ada berbagai macam cara dan strategi brand positioning menjadi lebih kuat dan tepat untuk diterapkan. Yang utama, kamu wajib menerapkan brand positioning adalah menganalisa pasar terlebih dahulu. Pertimbkan juga untung dan rugi untuk menempatkan produk di tengah pasar.

Kamu juga perlu melakukan riset tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran – seperti data pelanggan, fleksibilitas, analisis kompetitor, dan hal-hal lainnya yang menunjang komunikasi pemasaran agar lebih mudah dijalankan. 

Kamu juga bisa mengembangkan pasar produkmu dengan menggunakan jasa dari RETINAD. RETINAD akan membantumu melakukan riset pelanggan dan data maintainance dari pelanggan yang telah didapat.

Setelah mengetahui tentang brand positioning, kamu jadi mengerti pentingnya brand positioning pada bisnismu, bukan? Segeralah perkuat merekmu dengan menerapkan strategi ini ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 20, 2020

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 2)


Melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas mengenai istilah-istilah umum di dalam...

Digital Marketing Mar 11, 2022

Agar Lebih Efektif, Ini 5 Tips untuk Memasang Iklan di Google


Jakarta, Retinad.com – Beriklan secara digital menggunakan Google Ads memang...

Digital Marketing Sep 27, 2021

Tips Social Media Optimization dengan 4 Langkah Ini: Dijamin Maksimal!


Jakarta, Retinad.com – Pertumbuhan sosial media sebagai platform yang paling...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.