Technology Jun 27, 2022

Tips Membuat Password Aman agar Tidak Mudah Diretas

Jakarta, Retinad.com – Di era serba digital ini, hampir semua orang tanpa terkecuali hidup dengan layanan online yang memudahkan kehidupanmu. Di setiap akun yang terhubung, kamu memerlukan kata sandi atau password untuk menjaga data pribadimu.

Tips Membuat Password Aman agar Tidak Mudah Diretas

Sayangnya, praktik kejahatan siber di dalam teknologi digital masih banyak dilakukan. Agar datamu tidak mudah diretas, ada baiknya kamu mengetahui password aman pada akunmu. Karena ternyata password aman tidak semata-mata yang mudah diingat, lho!

Untuk mengetahuinya, cobalah untuk membaca artikel ini sampai habis!

Hindari Menggunakan Kata Umum

Hal pertama yang dilakukan agar password aman untuk tidak diretas adalah dengan tidak menggunakan kata umum. Pada dasarnya, password dibuat agar sulit ditebak. Kata-kata umum yang sering digunakan adalah “password”, ’mypassword”,”qwerty”, “Jakarta”, dan kata-kata umum lainnya. Hindari pula penggunaan password dengan namamu, nama panggilan, hewan peliharaan, ulang tahun, nama jalan, dan apapun yang sekiranya mudah untuk ditebak. 

Cara Membuat Password Aman

Memiliki password yang panjang akan lebih baik dibandingkan password pendek yang mudah diingat. Mulailah dengan membuat password dari 8 karakter. Brian Curbs – yaitu seorang pakar keamanan yang juga bagian dari Electronic Frontier Foundation mengatakan, penggunaan kata sandiri yang terdiri dari tiga atau empat kata acak dapat dikatakan sebagai password yang aman untuk digunakan.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengkombinasikan huruf besar dan kecil yang digabungkan dengan simbol dan angka pada password-mu. Jangan membuat kata sandri berdasarkan tanggal lahir, nama orang tua, dan menggunakan password yang sama di setiap akun. Pada kesimpulannya, gunakanlah password dengan kalimat yang kuat dan anti-mainstream.

Cara Menjaga Password agar Tetap Aman

Selain membuat password yang kuat, kamu juga harus melakukan pembaharuan pada password secara berkala. Meskipun bosan atau repot, hal ini penting agar datamu tetap aman dan tidak mudah diretas.

Agar tetap aman, kamu juga dapat menambahkan nomor telepon dan email pemulihan pada akunmu. Jika sewaktu-waktu akunmu diretas, kamu mendapat notifikais pada nomor telepon dan email tersebut dan dapat mendapatkannya kembali dalam waktu singkat.

Potensi peretas pada kejahatan siber ini tentunya akan meresahkanmu. Untuk itu, penting bagimu menjaga password yang dimiliki agar tetap aman dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Good luck! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Jan 17, 2022

Metaverse: Ini yang Harus Diketahui pada Teknologi Baru dalam Dunia Digital


Jakarta, Retinad.com – Tahun 2021 kemarin menjadi tahun di mana...

Technology Feb 08, 2022

Memasuki Uji Coba, Instagram akan Rilis Fitur Paid Subscriptions!


Jakarta, Retinad.com – Instagram menjadi salah satu sosial media yang...

Technology Apr 14, 2020

Facebook Bakal Rilis Fitur Quiet Mode untuk Aplikasi Seluler


Dalam waktu dekat, Facebook bakal meluncurkan fitur terbarunya bernama Quiet...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.