Technology Mar 24, 2022

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

Jakarta, Retinad.com – Mobil listrik merupakan salah satu perkembangan teknologi yang sangat dinantikan keberadaannya saat ini. Beragam mobil listrik juga sudah dikeluarkan oleh produsen mobil ternama. Seperti Tesla, Chevrolet, Nissan, bahkan Toyota.

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

Mobil listrik memang sangat menggiurkan, dengan fitur yang menawarkan suara mesin lebih senyap dan ramah lingkungan, mobil ini memang pantas dijadikan alternatif. Jika kamu tertarik untuk memiliki mobil listrik, cobalah simak ulasan di bawah ini mengenai tips untuk membeli mobil listrik. Pastikan untuk membacanya sampai habis ya!

#1 – Melihat Jangkauan Jarak

Salah satu kekurangan dari mobil listrik adalah keterbatasan jangkauan jarak yang dapat ditempuh. Hal ini dikarenakan pengisian daya mobil listrik tidak semudah mengisi bahan bakar mobil pada umumnya – yaitu bensin atau diesel.

Jika kamu memang tertarik membeli mobil listrik, tetapkanlah pilihanmu pada mobil listrik yang memiliki jangkauan jarak sesuai kebutuhanmu. Hal ini dapat dilihat dari kebutuhan yang biasa dijalani untuk menggunakan mobil.

#2 – Infrastruktur Lokal

Sebelum membeli mobil listrik, kamu harus memeriksa infrastuktur pengisian daya kendaraan pada daerah masing-masing. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena mobil listrik akan kehabisan baterai saat jauh dari rumah. Untuk mensiasati hal ini, kamu bisa memanfaatkan garasi rumahmu sebagai tempat mengisi daya.

#3 – Memastikan Insentif yang Tersedia

Di beberapa negara, mobil listrik diberlakukan insentif pembelian mobil listrik. Seperti harga yang lebih murah atau mahal, keuntungan atau kerugian yang di dapat, dan hal-hal lainnya. Pastikan hal ini masih sesuai dengan kemampuanmu, ya!

Bacalah situs mobil yang akan di beli atau tanyakan langsung kepada gerai mobil yang akan didatangi terkat informasi mobil listrik terhadap peraturan pemerintah yang diberlakukan serta syarat-syaratnya.

#4 – Biaya Kepemilikan

Pajak atau biaya kepemilikan barang mewah memang menjadi hal yang wajib dikeluarkan saat membeli mobil – meskipun bukan mobil listrik sekalipun. Selain pajak mobil listrik, kamu juga perlu memikirkan kenaikan tagihan listrik yang ditanggung saat mengisi daya mobil listrik.

Mengisi daya pada outlet pengisi daya dan biaya transportasi mobil listrik dengan mobil lain juga tidak bisa disamakan, sehingga kamu harus memikirkannya dengan matang, ya!

#5 – Memastikan Garansi

Meskipun secara umum membeli mobil harus memerhatikan garansi, di mobil listrik kamu perlu melakukan double checking mengenai garansi ini. Meskipun sudah berada di pasar mobil selama satu dekade, namun teknologi mobil listrik masih akan terus bertumbuh.

Agar terjamin keamananmu sebagai pengemudi, kamu harus memastikan produsen memberikan garansi yang sepadan dengan penggunaanmu. Cek kembali waktu garansi yang diberikan dan juga garansi baterai yang ada.

#6 – Sesuaikan dengan Gaya Hidup 

Pilihan mobil listrik memiliki ukuran dan jenis yang beragam. Baik sedan, SUV, bahkan truk sekalipun di luar negeri. Meskipun beragam, jumlah yang dipasarkan masih terbatas. Untuk itu, pastikan kamu memilih mobil listrik yang sesuai dengan gaya hidupmu.

Misalkan kamu sudah berkeluarga, pilihlah SUV. Jika memang menggunakan mobil listrik untuk sehari-hari dengan pergi ke kantor dan hangout, kamu dapat memilih sedan. Sayangnya, mobil listrik belum ada yang berjenis city car.

#7 – Pertimbangkan Hybrid Car

Jika setelah pertimbangan di atas membuatmu ragu untuk memilih mobil listrik, ada baiknya kamu mempertimbangkan keberadaan hybrid car. Mobil dengan kemampuan hibrida ini merupakan mobil yang menggunakan daya listrik dan juga mesin konvensional.

Itulah 7 tips yang harus dipertimbangkan dalam membeli mobil listrik. Sejauh membaca tips ini, apakah kamu semakin tertarik untuk memilikinya? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Mar 25, 2020

Inilah 5 Fitur Baru WhatsApp yang Akan Muncul Usai Dark Mode


Setelah dark mode, WhatsApp berencana mengeluarkan beberapa fitur baru lagi....

Technology Feb 01, 2022

Akuisisi Activision Blizzard, Apakah Microsoft akan Segera Masuk Metaverse?


Jakarta, Retinad.com – Sejak Mark Zuckerberg mengumumkan akan membuat Metaverse,...

Technology Apr 13, 2022

Isi Waktu Ngabuburitmu dengan Bermain 5 Game Sport Ini!


Jakarta, Retinad.com – Ngabuburit seringkali dimaknai sebagai jam rawan bagi...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.